Universitas Darussalam Gontor

WCP, Summer Camp, dan Jurnal Terindeks Scopus: Rancangan Agenda IPB dan UNIDA Gontor

UNIDA Gontor IPB

Ponorogo – Senin, 18 Oktober 2021 M/11 Rabi’ul Awwal 1443 H Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) menerima kunjungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak dua tahun yang lalu.

Tindaklanjut kerja sama tersebut dirancang dalam 3 agenda yaitu World Class Professor (WCP), Summer Camp, dan Jurnal Terindeks Scopus. Sebelumnya, Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. mengungkapkan, bahwa kerjasama dengan berbagai universitas adalah salah satu cara untuk meneguhkan visi UNIDA Gontor menjadi universitas yang bermutu dan berarti, sebagaimana yang dicita-citakan oleh pendiri Gontor.

Terlebih, UNIDA Gontor memiliki kehidupan yang selalu aktif berkegiatan selama 24 jam. Core UNIDA Gontor adalah penanaman nilai. UNIDA Gontor berusaha memberi makna dan harga kepada alumni dengan kegiatan yang bersifat soft-skill. Dengan peningkatan kualitas intelektual dan akademik, UNIDA Gontor bisa lebih baik.

Senada dengan hal tersebut, Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop. (Wakil Rektor IPB – Bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni) menyambut baik apa yang disampaikan oleh Rektor UNIDA Gontor. Beliau mengungkapkan, meskipun QS World University Ranking by Subject Agriculture and Forestry IPB nomor 1 di Southeast Asia, nomor 10 di Asia dan nomor 62 di Dunia, namun IPB terus meningkatkan kolaborasi dengan berbagai institusi.

Program-program

Ada beragam program yang ada di IPB. Program Regular menggunakan bahasa Indonesia. Ada juga program dual degree, double degree, dan credit earning. Diantara yang sangat mungkin dikerjasamakan adalah pada bidang Environmental Sciences, Biological Science, Economics dan Econometrics. IPB memerlukan banyak riset di social science bersama UNIDA Gontor. Sehingga, UNIDA Gontor dan IPB bisa saling menguatkan. Lebih dari itu, banyak jurnal social science di Indonesia sudah tingkat scopus melalui kerjasama dengan UNIDA Gontor.

Secara detail, untuk Summer Camp, yang menarik untuk menjadi tema adalah waste management dan halal industry. Dimana banyak fakultas-fakultas social science yang dapat berkontribusi dan bernilai secara akademik. Lebih jauh, luaran dari penelitian tersebut dapat diterbitkan di jurnal terindeks scopus. Bahkan, dapat diterbitkan secara special issue. Program lain yang juga dapat dikerjasamakan adalah joint lecture, joint research dan joint supervisor. [Adib Susilo/Ed. M. Taufiq Affandi, Muhamad Fikrul Umam]

Baca juga:

UNIDA Gontor-IPB Bahas Kolaborasi Research Bidang Sustainable Economy
Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

One Response

  1. Займы моментально на карту — сервис подбора микрозаймов по всей России.
    Коли вы ищете, где лучше оформить кредит на карту чрез интернет — наш сервис поможет сделать верный выбор. Мы собрали информацию обо всех МФК и МКК России и ежесекундно актуализируем ее. Учитываем как позитивные, так и негативные мнения наших клиентов. 8271d19 . Рекомендуем перед этим, ровно взять займ на банковскую карту, изучить все советы по нужным вам параметрам.

    Неподкупный рейтинг — основан на отзывах клиентов компании
    Деньги в долг — важный выбор — берите исключительно в лицензированных компаниях
    Подробные условия — чтобы вам было легче принять решение

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *