Universitas Darussalam Gontor

UNIDA Gontor IPB

Ponorogo – Senin, 18 Oktober 2021 M/11 Rabi’ul Awwal 1443 H Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) menerima kunjungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak dua tahun yang lalu.

Dalam kunjungan ini, rombongan IPB terdiri dari Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F.Trop. (Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni), Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah, M.Sc.Agr. (Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni), Dr. Meti Ekayani, S.Hut., M.Sc. (Sekretaris Departemen Ekonomi dan Sumberdaya Lingkungan), Astridina, S.Sos., M.M. (Asisten Direktur Hubungan Alumni, Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni), Dr. Ing. Dase Hunaefi, S.TP., M.Food.ST. (Asisten Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni, Direktorat Program Internasional), beserta jajaran staf.

Rombongan disambut dengan hangat oleh Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. beserta jajaran Wakil Rektor, Dr. Abdul Hafidz bin Zaid (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Dr. Setiawan bin Lahuri (Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Perencanaan Pembangunan) dan Dr. Khoirul Umam, M.Ec. (Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Penelitian, Pengabdian dan Alumni).

Turut hadir juga, Dr. Hartomi Maulana, S.E., M.Sc. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Haris Setyaningrum, S.Si., M.Sc. (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi), Dr. Sujiat Zubaidi, M.Ag. (Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah), Dr. Muhamad Fajar Pramono, M.Si. (Kepala Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat), Azhar Amir Zaen, M.A.Ed. (Biro Kerjasama, Alumni dan Urusan Internasional), serta beberapa fungsionaris lainnya.

World Class Research

Kunjungan ini membahas pengajuan Proposal World Class Research dan Publikasi Jurnal International Bereputasi oleh IPB kepada UNIDA Gontor. Prof. Dodik juga menyampaikan harapan agar bisa terjalin kerjasama dalam penulisan research di berbagai bidang, diantaranya ialah tentang Halal Industry, Sustainable Economy dan Ekonomi Islam. Beliau juga memaparkan pentingnya kampanye menghindari pemborosan sebagai salah satu langkah menuju sustainable economy. Selain itu, Prof. Dodik juga memberikan apresiasi karena Prof. Hamid sudah beberapa kali memberikan kuliah Filsafat Sains di IPB.

Pentingnya Kolaborasi

Dalam sambutannya, Prof. Hamid menyampaikan bahwa kolaborasi adalah hal yang terelakkan jika kita ingin maju. Beliau menjelaskan bahwa core dari UNIDA Gontor adalah sistem universitas pesantren, serta penanaman nilai untuk dosen dan mahasiswa yang tinggal 24 jam di dalam kampus.

“Kita berusaha memberi makna kepada mahasiswa kita dengan soft-skill seperti mental, moral, dan kecerdasan spritual. Jika ditambah dengan kecerdasan akademis, maka akan lebih baik lagi,” kata Prof. Hamid.

“IPB sudah menjadi Universitas yg dikenal dunia. Terdapat banyak alumni IPB yg berkecimpung di berbagai bidang. Bukan hanya di bidang pertanian, namun juga di sektor keuangan, media, dan lain-lain. Tentu hal ini tidak lepas dari kualitas pendidikan soft-skill dan hard-skill IPB yg sangat baik,” lanjut Prof. Hamid.

Harapannya, kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan kualitas kedua belah pihak. [M. Taufiq Affandi, Muhamad Fikrul Umam / Ed. Ahmad Saifulloh]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *