Universitas Darussalam Gontor

Kiai Gontor Tinjau Pembangunan Asrama UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Salah satu dari Panca Jangka Pondok Modern Darussalam Gontor adalah Pergedungan, dalam upaya menunaikan salah satu dari Lima Panca Jangka itu dan meningkatkan fasilitas kampus, Universitas Darussalam Gontor membangun gedung asrama 4 lantai yang nantinya akan menjadi tempat tinggal sekaligus dinamika kegiatan mahasiswa.

Pada hari Selasa, 22 Juni 2021 Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal, dan Drs. KH. M. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed. yang didampingi oleh Bapak Rektor Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil, Wakil Rektor dan Fungsionaris Universitas meninjau langsung progress pembangunan Gedung asrama baru yang terletak di timur kampus UNIDA Gontor.

Dalam kunjungannya tersebut K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan banyak hal. Diantaranya adalah tentang “jangan mengurangi Takaran”. Kunci baiknya sebuah bangunan apabila orang yang membangun tidak mengurangi takaran ataupun spesifikasi yang sudah disepakati. Pesan ini sudah disampaikan sejak Kiai Ahmad Sahal dahulu.

Di samping itu, beliau juga menyinggung tentang amanah badan wakaf tentang pendirian Universitas Darussalam Gontor. Beliau mengatakan bahwa UNIDA Gontor harus tetap dipikirkan dan terus dikembangkan. Untuk itu, UNIDA Gontor harus berkualitas dan bermanfaat bagi umat Islam.

Adapun pembangun Gedung Asrama baru ini mencapai progress pengecoran tiga lantai dengan rincian sebagai berikut: Lantai 1 Pasang bata 100%, Pemlesteran dindin 95%, Pengacian dinding 95%, Plamir dinding 50%, Pasang Roaster 96%. Lantai 2 Bongkar Bekisting 70%, Pasang Bata, 37%. Lantai 3 Pengecoran Kolom 71%, Pasang Bekisting Dag 47%, Pasang Besi Kolom 47%.

Dedi Mulyanto, M.Pd selaku Kepala Biro Perencanaan dan Pembangunan mengungkapkan pembangunan gedung asrama baru dimulai sejak awal maret 2021 yang lalu dengan total anggaran biaya sebesar 19 Milyar dari PMDG direncanakan selesai sebelum Ramadhan yang akan datang sehingga asrama ini dapat digunakan pada tahun ajaran baru mendatang dengan kapasitas 250 mahasiswa.

Dengan demikian kampus pusat UNIDA Gontor akan memiliki total 5 Asrama mahasiswa yang berkapasitas dengan jumlah secara keseluruhan kurang lebih 1500 mahasiswa. Hal tersebut dapat menambah jumlah mahasiswa lebih banyak dari sebelumnya. [Wafi/Ed. Taufiq]

Hibatul Wafi

Hibatul Wafi

University of Darussalam Gontor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *