Wakil Rektor Al-Azhar: Ilmu dan Keikhlasan Tidak Bisa Dipisahkan

Wakil Rektor Al-Azhar: Ilmu dan Keikhlasan Tidak Bisa Dipisahkan


UNIDA Gontor – Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir mengunjungi Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor bersama rombongan pada kamis, 28 November 2019.

Dalam kunjungannya ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Wakil Rektor Universitas Al-Azhar mengisi kuliah umum dengan tema “Mafhumu al-Islaamu, aqiidatan wa syari’iatan”.

Sebelum mengisi kuliah umum, Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) sekaligus menjenguk Kiai Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. didampingi oleh Wakil Rektor III Dr. Abdul Hafidz Zaid, menurut beliau Kiai Syukri adalah salah satu alumni Al-Azhar yang sukses, dan dikenal pemerintah, ulama Al-Azhar dan masyarakat Mesir.

Kunjungannya ke Indonesia merupakan salahsatu bagian dari agenda dalam rangka menghadiri Expert Meeting pendirian dan pengembangan  Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Jakarta, dilanjutkan berkunjung ke UIN Syarif HIdayatullah Jakarta, lalu bertemu 3 rektor Universitas Muhamadiyah Solo dan di akhiri kunjungannya di Pondok Modern Tazakka dan Pondok Modern Darussalam Gontor, Universitas Darussalam Gontor.

Kunjungan Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir di Pondok Modern Darussalam Gontor

Hubungan Indonesia khususnya Gontor sudah terjalin sebelum kemerdekaan, ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang belajar ke Al-Azhar dan sekaligus Mesir adalah Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Hal ini diungkapkan Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi dalam sambutannya, ia menceritakan betapa hubungan yang hangat antara Gontor dan Mesir sudah berlangsung sangat lama, hal ini dilihat dari hadirnya serta kunjungan Grand Syaihk Al-Azhar sepanjang sejarah berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), mulai dari Syaikh Abdul Halim Mahmud, Syaikh Mahmud Syaltut, Syaikh Jad al-Haq Ali Jad al-Haq, Syaikh Muhammad Sayyid Thanthawy dan syaikh Ahmad At-Thoyyib.

Tak hanya itu, dalam kunjungannya beberapa waktu yang lalu Syaikh At-Thoyyib mengatakan pada sambutannya “Gontor adalah bagian dari Universitas Al-Azhar”. Statement ini menandakan bahawa hubungan yang sangat erat antara Al-Azhar dan Gontor

Dalam kuliah umum di UNIDA Gontor, Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir mengatakan di depan civitas akademik UNIDA Gontor bahwa susana keikhlasan sudah terasa saat memasuki kampus ini.

“Ketika saya masuk area kampus UNIDA dan sebelumnya di Pondok Gontor saya mencium aroma keikhlasan. Ilmu dan keikhlasan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, karena ilmu tanpa keikhlasan tiada guna”, ungkapnya.

Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir berpose bersama civitas akademika UNIDA Gontor

Usai Kuliah Umum, rombongan Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir melanjutkan kunjungannya ke Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri di Mantingan, Ngawi Jawa Timur. [Jahid/Ed. H. Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *