Back

PKM Fun Learning Mufrodat Tarbiyah UNIDA Gontor di MI Nurussalam Sambirejo Ngawi

Mahasiswi PBA UNIDA Gontor memandu “fun learning” mufrodat untuk siswi kelas 5 MI Nurussalam; kegiatan mencakup media visual, lagu, gim bahasa, serta pre–post test.

UNIDA Gontor — Program Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertajuk “Fun Arabic Class: Program Kreatif Peningkatan Kosakata Bahasa Arab untuk Siswi Kelas 5 MI Nurussalam” pada Selasa, 21 Oktober 2025, di MI Nurussalam, Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Kegiatan ini menjadi wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus kontribusi akademik dalam penguatan literasi kebahasaaraban di tingkat sekolah dasar.

Tim pelaksana yang terdiri dari Andi Nurizzah Aqilah, Siti Nurfadillah, dan Desal Putri Ramdhani merancang pembelajaran berbasis fun learning yang terstruktur, kreatif, dan menyenangkan. Sejak sesi pembukaan, peserta mengikuti pre-test untuk memetakan kemampuan awal kosakata. Selanjutnya, siswi diajak mengeksplorasi kosakata tematik melalui media visual, lagu edukatif, permainan bahasa, kuis cepat, serta praktik lisan berpasangan dan berkelompok. Pendekatan ini menekankan partisipasi aktif, kolaborasi, dan penguatan ingatan jangka panjang melalui pengulangan bermakna serta suasana belajar yang positif.

Mahasiswi PBA UNIDA Gontor memandu “fun learning” mufrodat untuk siswi kelas 5 MI Nurussalam; kegiatan mencakup media visual, lagu, gim bahasa, serta pre–post test.

Di akhir rangkaian, post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penguasaan mufrodat pada sebagian besar peserta. Tim juga membagikan modul mini trifold kosakata sebagai bahan belajar mandiri yang mudah dibawa dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Guru pendamping menyambut baik inisiatif ini karena menyediakan alternatif model pembelajaran yang dapat diadaptasi di kelas reguler, sehingga proses belajar mengajar semakin menarik, efektif, dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar.

Kegiatan PKM ini menegaskan komitmen akademisi UNIDA Gontor dalam membumikan teori pengajaran bahasa Arab ke dalam praktik di lapangan. Selain memperkaya pengalaman belajar siswa, program ini memperkuat jejaring kemitraan kampus–madrasah dan memberi ruang bagi adopsi inovasi pedagogis yang terukur. Ke depan, tim mendorong replikasi program dengan cakupan materi yang lebih luas, pelatihan singkat bagi guru, serta pemantauan berkala agar dampaknya berkelanjutan.

Sebagai bagian dari ekosistem pendidikan yang terus berbenah, UNIDA Gontor menegaskan upaya konsisten menjadi rujukan peningkatan mutu pembelajaran berbasis riset, pengabdian, dan kolaborasi. Tagline Universitas Islam Terbaik tercermin melalui praktik baik yang mengintegrasikan nilai keilmuan, kemasyarakatan, dan keteladanan. Dengan fondasi yang sama, PKM ini diharapkan menjadi inspirasi bagi madrasah lain untuk mengembangkan kelas bahasa Arab yang lebih kontekstual, menyenangkan, dan berdampak. Pada akhirnya, sinergi kampus–sekolah akan memperkuat kualitas pembelajaran, memperluas akses inovasi, dan menghadirkan pengalaman belajar yang memerdekakan. Inilah langkah kecil namun bermakna menuju terwujudnya ekosistem pendidikan yang unggul, inklusif, dan berkelanjutan—sejalan dengan visi Universitas Islam Terbaik.

Redaksi: Andi Nurizzah Aqilah dan Siti Nurfadillah

Editor  : Ahmad Ma’ruf Muzaidin Arrosit