Back

Pelatihan Desain Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi

pelatihan media pembelajaran bahasa arab

Pada hari Ahad, 3 Oktober 2021, bertempat di Hall Multimedia, Gedung Terpadu, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Desain Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi. Acara ini diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab dan menghadirkan pemateri ahli, yaitu Dr. Moh. Ismail, M.Pd.I.

Rangkaian Kegiatan

Pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh MC. Setelah pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab. Dalam sambutannya, disampaikan pentingnya penguasaan teknologi dalam mendesain media pembelajaran, khususnya untuk mendukung efektivitas pengajaran bahasa Arab di era digital.

Sesi 1: Pemaparan Materi

Sesi pertama diisi oleh pemateri, Dr. Moh. Ismail, M.Pd.I., yang memberikan penjelasan mengenai konsep dasar dan urgensi desain media pembelajaran berbasis teknologi. Materi yang disampaikan meliputi:

  1. Prinsip-prinsip desain media pembelajaran interaktif.
  2. Pemanfaatan aplikasi dan perangkat lunak teknologi untuk pembelajaran bahasa Arab.
  3. Langkah-langkah praktis membuat media pembelajaran berbasis teknologi.
  4. Integrasi elemen visual, audio, dan interaktivitas dalam pembelajaran.

Peserta diberikan wawasan terkait dengan tren terbaru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dan manfaatnya dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Sesi 2: Praktik dan Pendampingan

Setelah pemaparan materi, peserta diajak untuk melakukan praktik langsung dalam mendesain media pembelajaran menggunakan beberapa aplikasi pendukung, seperti PowerPoint, Canva, dan platform desain lainnya. Dalam sesi ini, peserta dibimbing untuk:

  • Membuat template media pembelajaran yang menarik.
  • Menambahkan elemen interaktif seperti video, animasi, dan kuis.
  • Mengoptimalkan desain agar sesuai dengan kebutuhan pengajaran bahasa Arab.

Pemateri memberikan pendampingan intensif, menjawab berbagai pertanyaan teknis, dan memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi peserta.

Sesi Tanya Jawab dan Diskusi

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung secara interaktif. Peserta mengajukan pertanyaan terkait strategi pemanfaatan media berbasis teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab, serta tantangan yang sering dihadapi dalam implementasinya.

Penutupan

Pelatihan diakhiri dengan penyampaian kesimpulan oleh pemateri dan ucapan terima kasih dari panitia atas antusiasme peserta. Penyerahan plakat penghargaan kepada pemateri oleh perwakilan panitia menjadi momen simbolis penutup acara. Selanjutnya, dilakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan.

Acara resmi ditutup pada pukul 12.30 WIB, dengan hasil yang sangat positif. Peserta menyatakan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan baru dan keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam aktivitas pengajaran mereka.

Hasil dan Evaluasi

Kegiatan ini berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana. Diharapkan, melalui pelatihan ini, para peserta mampu memanfaatkan teknologi dalam mendesain media pembelajaran yang lebih kreatif, interaktif, dan efektif untuk mendukung pembelajaran bahasa Arab di berbagai jenjang pendidikan.

Demikian berita acara ini dibuat untuk menjadi catatan resmi atas pelaksanaan kegiatan tersebut.