Back

Panduan Akademik

Pasca Sarjana | Universitas Darussalam Gontor

Formulir Akademik

Berikut Alur Persyaratan dan Link Unduh Dokumen

Contoh Tampilan Pengumuman & Agenda

Peraturan Pemerintah

Regulasi Pendidikan Tinggi

Daftar Regulasi Pendidikan Tinggi

No Judul Download Link

SK Rektor

Dokumen BAA UNIDA

Daftar Dokumen BAA UNIDA Gontor

No Judul Download Link
1SK Struktur BAA 2023-2024_001⬇ Download
2SK VMTS⬇ Download
3Surat Edaran Rektor Perubahan Jadwal Wisuda ke 42⬇ Download
42018-04-03_SK Kepala Unit Kerja Operator PDDIKTI 2018-2023⬇ Download
52022-04-16_SK Penetapan Kalender Akademik 1433-1444⬇ Download
62022-05-01_SK Buku Panduan Akademik 1443-1444⬇ Download
72022-07-26_SK Rektor Struktur BAA 2022-2023⬇ Download
82022-08-15_SK Penetapan Panitia UAS Gasal 2022-2023⬇ Download
92023-03-27_SK Hari Libur dan Perpulangan Semester Genap⬇ Download
102023-03-27_SK Jadwal Kegiatan Wisuda Ke-40⬇ Download
112023-04-01_Edaran Wisuda Sarjana & Pascasarjana Ke-41⬇ Download
12Peraturan Akademik UNIDA Gontor 2022-2023⬇ Download
13SK Hasil Seleksi Maba TA 2021-2022⬇ Download
14SK Hasil Ujian Seleksi Gelombang Pertama⬇ Download
15SK Rektor Mata Kuliah Wajib Universitas⬇ Download
16SK Beasiswa BI 2021⬇ Download
17SK Beasiswa KIP 2021⬇ Download
18SK Beasiswa UKT 2021⬇ Download
19SK Beasiswa UKT Maret 2021⬇ Download
20SK Hasil Seleksi PILMAPRES⬇ Download
21SK Yudisium Wisuda 37⬇ Download
22SK Bahasa Pengantar Perkuliahan⬇ Download
23SK TOAFL dan IELTS sebagai Mata Kuliah Wajib⬇ Download

Pedoman Akademik

Berikut Alur Persyaratan dan Link Unduh Dokumen

A
Buku Pedoman Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum
C
Pedoman Suasana Akademik
B
Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum UNIDA Gontor
pda
Buku Pedoman Penerimaan Mahasiswa
pda1
Pedoman Layanan Beasiswa
pda3
Perencanaan, Pengembangan dan Pemuktakhiran Kurikulum
pda4
Pedoman Layanan Akademik UNIDA Gontor
pda5
Buku Manual Siakad Mahasiswa
WhatsApp Image 2025-05-25 at 12.50.22
panduan Skripsi Edisi 4
Untitled-1w3fwf
Pedoman Integrasi Penelitian dan PKM
qwqrqqr
Pedoman Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran
adawd
Pedoman Penetapan Strategi dan Media Pembelajaran

Kalender Akademik

NO TAHUN AKADEMIK LINK DOKUMEN
1. Kalender Akademik T.A. 2024 – 2025 LIHAT
2. Kalender Akademik T.A. 2023 – 2024 LIHAT
3. Kalender Akademik T.A. 2022 – 2023 LIHAT
4. Kalender Akademik T.A. 2021 – 2022 LIHAT
5. Kalender Akademik T.A. 2020 – 2021 LIHAT
6. Kalender Akademik T.A. 2019 – 2020 LIHAT
7. Kalender Akademik T.A. 2018 – 2019 LIHAT
8. Kalender Akademik T.A. 2017 – 2018 LIHAT

Cuti Akademik

Mahasiswa/i dapat mengajukan cuti akademik dengan beberapa ketentuan yang ditetapkan oleh Universitas yaitu:

    1. Cuti akademik adalah ketika mahasiswa tidak mengikuti kegiatan akademik baik intra maupun ekstra kurikuler karena alasan tertentu. Jangka waktunya sesuai dengan izin yang diberikan atau sesuai dengan peraturan yang berlaku;
    2. Cuti akademik diberikan paling banyak empat semester selama studi di UNIDA Gontor secara terpisah atau dua semester secara berturut turut;
    3. Jumlah semester cuti dihitung dalam masa studi;
    4. Mengunduh formulir pada link di bawah;
    5. Permohonan cuti diajukan kepada BAA paling lambat 2 (dua) pekan awal semester, permohonan tersebut harus disertai dengan dokumen penunjang yang disetujui oleh Ketua Program Studi, Dekan/Direktur dan Orang Tua/Wali.
    6. Meminta surat keterangan bebas tanggungan keuangan ke bagian BAK,
    7. Meminta surat bebas tanggungan peminjaman buku ke perpustakaan,
    8. Meminta surat keterangan bebas sanksi disiplin ke Direktorat Kepesantrenan,
    9. Cuti akademik dengan alasan khusus dapat diberikan kepada mahasiswa yang terpaksa menghentikan studi untuk sementara karena halangan yang tidak dapat dihindarkan, antara lain :
      a. Kecelakaan dengan melampirkan surat keterangan dari rumah sakit atau surat keterangan yang dapat dipertanggung jawabkan.
      b. Sakit lebih dari 3 minggu berturut-turut dengan menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit.
      c. Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dapat mengharumkan nama Universitas.
    10. Berkas difotokopi dan diserahkan ke prodi, BAK, Direktorat Kepesantrenan, berkas asli diserahkan ke BAA Data.

Aktif Cuti Akademik

Mahasiswa/i yang mengambil cuti akademik dapat aktif kuliah kembali dengan melampirkan syarat sebagai berikut :

      1. Mahasiswa mengunduh formulir pada link di bawah;
      2. Membawa surat keterangan cuti ke bagian BAA dan melakukan konsultasi;
      3. Meminta persetujuan Kaprodi untuk aktif kembali;
      4. Meminta persetujuan dari Dekan Fakultas;
      5. Meminta persetujuan dari bagian bendahara, perpustakaan, Direktorat Kepesantrenan dan Kepala BAA;
      6. Berkas difotokopi dan berkas asli diserahkan ke BAA Data untuk perubahan status;
      7. Melakukan pembayaran administrasi keuangan dan Her-Registrasi;

Mutasi Kelas

Mahasiswa/i yang akan mutasi antar kampus UNIDA Gontor dapat dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut :

      1. Mahasiswa/i diperkenankan untuk mengajukan permohonan pindah kampus Universitas Darussalam Gontor pada akhir semester dua;

      2. Permohonan pindah kampus antar Universitas Darussalam Gontor harus mendapat persetujuan dari kaprodi, dekan fakultas dan Kepala BAA;

      3. Mahasiswa mengunduh formulir mutasi antar kampus UNIDA pada link di bawah;

      4. Mahasiswa mengisi formulir dan meminta persetujuan dari kaprodi, dekan fakultas dan Kepala BAA;

      5. Setelah permohonan ini disetujui, Berkas Asli diserahkan ke BAA Data;

Mutasi Program Studi

Mahasiswa/i yang akan mutasi program studi dapat dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut :

      1. Mahasiswa diperkenankan untuk mengajukan permohonan pindah program studi pada akhir semester dua;
        a. Permohonan pindah program studi dalam satu fakultas. Pemohon harus mendapat persetujuan dari kaprodi prodi lama, kaprodi prodi baru, dekan dan kepala BAA;
        b. Permohonan pindah program studi lintas fakultas. Pemohon harus mendapat persetujuan dari kaprodi lama, dekan fakultas lama, kaprodi baru, dekan fakultas baru dan Kepala BAA;

      2. Permohonan pindah program studi terdiri atas:

      3. Mahasiswa mengunduh formulir mutasi program studi pada link di bawah;

      4. Mahasiswa mengisi formulir dan meminta persetujuan dari Kaprodi asal, Dekan asal, Kaprodi tujuan dan Kepala BAA;

      5. Permohonan pindah program studi telah sah apabila mahasiswa telah mendapatkan persetujuan dari pihak terkait;

      6. Mahasiswa yang telah mendapatkan persetujuan pindah program studi agar menghadap Kaprodi baru dengan membawa transkip nilai pada prodi lama untuk dilakukan konversi;

      7. Kebijakan konversi nilai antar prodi diatur oleh masing- masing program studi;

      8. Konversi nilai dari transkrip nilai berupa berita acara dari program studi tujuan;

      9. Berkas terkait permohonan pindah program studi dan berita acara konversi nilai diserahkan ke BAA Data;

      10. Permohonan pindah program studi hanya diberikan satu kali selama masa studi

Mutasi Fakultas

Mahasiswa/i yang akan mutasi program studi dapat dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut

      1. Mahasiswa diperkenankan untuk mengajukan permohonan pindah program studi pada akhir semester dua;

      2. Permohonan pindah program studi terdiri atas:
        a. Permohonan pindah program studi dalam satu fakultas. Pemohon harus mendapat persetujuan dari kaprodi prodi lama, kaprodi prodi baru, dekan dan kepala BAA;
        b. Permohonan pindah program studi lintas fakultas. Pemohon harus mendapat persetujuan dari kaprodi lama, dekan fakultas lama, kaprodi baru, dekan fakultas baru dan Kepala BAA;

      3. Mahasiswa mengunduh formulir mutasi program studi pada link di bawah;

      4. Mahasiswa mengisi formulir dan meminta persetujuan dari Kaprodi asal, Dekan asal, Kaprodi tujuan dan Kepala BAA;

      5. Permohonan pindah program studi telah sah apabila mahasiswa telah mendapatkan persetujuan dari pihak terkait;

      6. Mahasiswa yang telah mendapatkan persetujuan pindah program studi agar menghadap Kaprodi baru dengan membawa transkip nilai pada prodi lama untuk dilakukan konversi;

      7. Kebijakan konversi nilai antar prodi diatur oleh masing- masing program studi;

      8. Konversi nilai dari transkrip nilai berupa berita acara dari program studi tujuan;

      9. Berkas terkait permohonan pindah program studi dan berita acara konversi nilai diserahkan ke BAA Data;

      10. Permohonan pindah program studi hanya diberikan satu kali selama masa studi

Mutasi Perguruan Tinggi Lain

Mahasiswa/i yang akan pindah studi ke perguruan lain harus memenuhi syarat sebagai berikut :

      1. Mahasiswa mengunduh formulir pada link di bawah;

      2. Melakukan konsultasi ke bagian BAA; 
        a.Transkrip Nilai
        b. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
        c. Surat keterangan bebas tanggungan keuangan dari BAK Universitas Darussalam Gontor
        d. Surat keterangan bebas pinjaman buku dari perpustakaan
        e. Surat keterangan bebas sanksi disiplin dari Direktorat Kepesantrenan
        Surat persetujuan dari orang tua

      3. Meminta persetujuan Kaprodi, Dekan Fakultas, Kepala BAA, dan Wakil Rektor 1;

      4. Berkas persyaratan sebagai berikut :

      5. Setelah permohonan ini disetujui, difotokopi rangkap empat dan diserahkan kepada program studi, BAK, Direktorat Kepesantrenan, dan sebagai arsip. Berkas Asli diserahkan ke BAA Data;

      6. Mahasiswa meminta penerbitan surat pindah ke sekretaris rektorat dengan menyerahkan fotokopi berkas permohonan dan transkrip nilai.

Berhenti Studi

Mahasiswa/i yang akan berhenti studi akademik harus memenuhi syarat sebagai berikut :

      1. Mahasiswa/i mengunduh formulir pada link di bawah;

      2. Melakukan konsultasi ke bagian BAA; 

      3. Berkas Persyaratan sebagai berikut; 
        a. KHS terakhir
        b. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
        c. Surat keterangan bebas tanggungan keuangan dari BAK Universitas Darussalam Gontor
        d. Surat keterangan bebas pinjaman buku dari perpustakaan
        e. Surat keterangan bebas sanksi disiplin dari Direktorat Kepesantrenan
        f. Surat persetujuan dari orang tua
        g. Meminta persetujuan Kepala BAA;
        h. Meminta persetujuan Kaprodi, Dekan Fakultas, Kepala BAA, dan Wakil Rektor 1;

      4. Setelah permohonan ini disetujui, difotokopi rangkap empat dan diserahkan kepada program studi, BAK, Direktorat Kepesantrenan, dan sebagai arsip. Berkas Asli diserahkan ke BAA Data;

Perbaikan Data Mahasiswa

Perbaikan Data Mahasiswa (PDM) di PDDIKTI dilakukan apabila terdapat ketidaksesuaian data pada https://pddikti.kemdikbud.go.id dengan data yang sebenarnya. Untuk mengajukan permohonan perbaikan data, dapat dilakukan dengan mengirimkan berkas scan asli berupa:

Untuk mahasiswa aktif:

  1. Scan KTP
  2. Scan Akte Kelahiran
  3. Scan Kartu Keluarga
  4. Scan KTM

Untuk mahasiswa yang sudah lulus (alumni):

  1. Scan KTP
  2. Scan Akte Kelahiran
  3. Scan Kartu Keluarga
  4. Scan Ijazah S1/S2
  5. Scan Transkrip Nilai S1/S2

Ketentuan:

  1. Semua data persyaratan harus asli bukan fotocopy
  2. Persyaratan discan atau difoto (harus jelas, tidak blur/buram) dengan format .jpg atau .pdf
  3. Masing-masing file persyaratan berukuran kurang dari 500Kb
  4. Berkas dikirim ke email dibawah ini dengan subjek: PDM/Nama/NIM/Prodi

operatorpt@unida.gontor.ac.id

  1. Pastikan untuk selalu mengecek data pada PDDikti secara berkala.

Verifikasi Alumni

Surat Edaran oleh KEMENRISTEK DIKTI no 5478/A.P1/SE/2017 pelaporan Pangkalan Data Perguruan Tinggi berlaku untuk:

        • Program Studi Umum di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta pada Kementerian, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2003/2004;
        • Program Studi dan Perguruan Tinggi pembinaan Kementerian Agama dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2009 / 2010;
        • Perguruan Tinggi Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013;
        • Perguruan Tinggi Swasta Alih Bina dari Kementerian Lain ke Kemenristekdikti dimulai sesuai dengan tahun ajaran berlakunya surat keputusan alih bina;
        • Tahun pemberlakuan untuk awal pelaporan tersebut, juga bergantung pada semester awal lapor program studi sesuai dengan SK izin pelaksanaan atau SK alih bina ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan edaran di atas, surat permohonan keterangan verifikasi alumni dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor BAA atau dengan melalui email baak@unida.gontor.ac.id. Untuk permohonan surat dapat dilakukan dengan mengirimkan berkas scan asli sebagai berikut:

      1. KTP

      2. Ijazah S1/S2
      3. Transkip Nilai S1/S2

Peraturan Pemerintah

No Peraturan Pemerintah Link
1 Kepmenristekdikti No 257 Tahun 2017 Tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi Download
2 Keputusan Dirjen Dikti No 43 Tahun 2006 Tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Kelompok Mata Kuliah Download
3 Keputusan Dirjen Dikti No 163 Tentang Penataan Dan Kodifikasi Prodi Pada PT Download
4 Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No 3389 Tahun 2013 Tentang Penamaan Perguruan Tinggi Agama Islam, Fakultas Dan Jurusan Pada PTAI Download
5 Keputusan Mendiknas No 45 Tahun 2002 Tentang Kurikulum Inti PT Download
6 Keputusan Menristekdikti No 257 Tahun 2017 Tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi Download
7 Lampiran Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 Download
8 Peraturan Ban Pt No 2 Tahun 2017 Tentang Sistem Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi Download
9 Peraturan Menristekdikti No 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Download
10 Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Download
11 Permenag No 1 Tahun 2016 Tentang Ijazah Dan Skpi Perguruan Tinggi Keagamaan Download
12 Permenag No 17 Tahun 2020 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi Dan Sertifikat Profesi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Download
13 Permenag No 38 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Permenag No 33 Thn 2016 Tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Download
14 Permendikbud 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Download
15 Permendikbud No 73 Tahun 2013 Tentang Penerapan Kkni Bidang Pendidikan Tinggi Download
16 Permendikbud No 81 Tahun 2014 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi Download
17 Permendikbud No 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Download
18 Permendikbud No 154 Tahun 2014 Tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan Dan Gelar Akademik Download
19 Permenristekdikti No 49 Tahun 2018 Tentang Komite Nasional Kualifikasi Indonesia Download
20 Permenristekdikti No 50 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permenristekdikti No 44 Thn 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Download
21 Permenristekdikti No 51 Tahun 2018 Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, Dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta Download
22 Permenristekdikti No 59 Tahun 2018 Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, Dan Tata Cara Penulisan Gelar Di Perguruan Tinggi Download
23 Permenristekdikti No 61 Tahun 2016 Tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Download
24 PP No 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi Download
25 Undang-undang No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Download
26 Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Download