UNIDA Gontor – Pada Selasa (26/06/2025), sebanyak 63 mahasiswi semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengikuti kegiatan akademik bertajuk “Pengenalan Metode Pembelajaran Direct Method Model KMI (Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah)”. Acara ini bertempat di Aula Istanbul Lantai 3 dan menghadirkan narasumber utama, Assoc. Prof. Dr. Abdul Hafidz bin Zaid, M.A., Wakil Rektor I UNIDA Gontor sekaligus pakar dalam bidang metodologi pengajaran bahasa Arab.
Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan secara mendalam tentang filosofi dan prinsip pengajaran bahasa Arab yang diterapkan di Gontor, yaitu melalui Direct Method (metode langsung), di mana penggunaan bahasa target (bahasa Arab) digunakan secara penuh dalam proses pembelajaran. Metode ini menekankan partisipasi aktif siswa dalam penggunaan bahasa secara langsung, tanpa perantaraan bahasa ibu.
Mengutip pemikiran tokoh pendidikan dunia, beliau menyampaikan bahwa:
“Kelas bahasa yang terbaik adalah yang memberikan kesempatan bagi murid untuk berbicara lebih banyak daripada gurunya.”
— John Amos Comenius, Bapak Pendidikan Modern.


Lebih lanjut, Assoc. Prof. Dr. Abdul Hafidz menekankan bahwa pendekatan pengajaran bahasa Arab di Gontor tidak dapat dipisahkan dari filosofi pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor itu sendiri. Beberapa prinsip pendidikan yang mendasari pendekatan ini antara lain:
• Beri kail, jangan beri ikan – Mendidik siswa agar mandiri dalam mencari ilmu.
• Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian – Proses belajar lebih penting dari sekadar hasil tes.
• Ilmu bukan untuk ilmu, tetapi ilmu untuk amal dan ibadah – Pembelajaran harus berorientasi pada aplikasi nyata dalam kehidupan.
• Al-Bi’ah al-Lughawiyyah – Lingkungan bahasa yang mendidik, di mana segala aspek yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dialami oleh siswa sehari-hari mengandung nilai-nilai pendidikan.
Sesi diskusi berlangsung interaktif dan penuh antusiasme. Para peserta menunjukkan ketertarikan tinggi terhadap implementasi Direct Method dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas, serta bertanya secara aktif tentang bagaimana membentuk al-bi’ah al-lughawiyyah (lingkungan berbahasa Arab) secara natural sebagaimana diterapkan di Pondok Modern Darussalam Gontor.
Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswi Prodi PBA semakin memahami pendekatan khas Gontor dalam pengajaran bahasa Arab dan mampu mengimplementasikannya dalam praktik pembelajaran di masa depan.
Redaksi: Maston Akbar Sansayto
Editor: Rifki Aulia