UNIDA Gontor — Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyelenggarakan Teacher Training and Development Program sebagai bentuk persiapan pelaksanaan program microteaching bagi mahasiswa semester 5. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu, 24–25 Juni 2025, bertempat di Hall Microteaching, Gedung Utama UNIDA Gontor. Program pelatihan ini dirancang sebagai bekal kompetensi pedagogis dan metodologis mahasiswa dalam menghadapi praktik mengajar yang menjadi bagian wajib kurikulum. Dalam sambutannya, panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap berbagai metode pengajaran Bahasa Arab serta penyusunan perangkat pembelajaran.



Selama dua hari pelaksanaan, peserta mendapatkan materi dari para dosen ahli di bidang pendidikan Bahasa Arab. Berikut daftar pemateri dan topik yang disampaikan:
- Al-Ustadz Dr. Ahmad Suharto, M.Pd.I (Pengenalan Metode Pembelajaran Direct Method Model KMI)
- Al-Ustadz Saiful Hermawan, M.Pd.I (Kurikulum Nasional)
- Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I (Metode Pembelajaran Durusul Lughoh)
- Al-Ustadz Syamsul Arifin, M.Pd. (Metode Pembelajaran Qowaid)
- Al-Ustadz Alfy Mamduh Nuruddin, M.Pd. (Metode Pembelajaran Muhadasah)
- Al-Ustadz Azhar Amir Zaen, M.Ed. (Metode Pembelajaran Muthola’ah)
- Al-Ustadz Maston Akbar Sansayto, M.Pd. (Metode Pembelajaran Imla’)
- Al-Ustadzah Fitri Setyo Rini, M.Pd.I (Metode Pembelajaran Mahfudzot)
- Al-Ustadzah Fitra Awalia Rahmawati, M.Pd. (Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP))
- Al-Ustadzah Riza Nur Lila, M.Pd. (Praktik Penyusunan RPP)


Melalui program ini, sekaligus sebagai salah satu visi UNIDA Gontor menjadi universitas Islam terbaik, mahasiswa diharapkan memiliki bekal yang cukup dalam menyusun RPP, mengaplikasikan metode pembelajaran yang tepat, serta mengasah keterampilan mengajar di kelas microteaching yang telah disiapkan. Antusiasme mahasiswa terlihat tinggi selama kegiatan berlangsung. Dengan kombinasi teori dan praktik langsung, Teacher Training and Development Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang kuat dalam mencetak pendidik Bahasa Arab yang kompeten dan berdaya saing.
Redaksi: Maston Akbar Sansayto
Editor: Rifki Aulia