UNIDA Gontor — Dalam rangka memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap praktik pendidikan Al-Qur’an di lembaga Islam modern, mahasiswa Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) Semester 2 Kelas B Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor melaksanakan kegiatan Studi Akademik pada Selasa (28/10/2025) di Ma’had Al-Izzah Leadership & International Islamic Boarding School, Kota Batu, Malang. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran lapangan yang menjadi agenda rutin Fakultas Ushuluddin.
Kegiatan Studi Akademik tersebut mengusung tema “Orientasi Sistem Metode Pembelajaran Al-Qur’an Izzati di Ma’had Al-Izzah Leadership & International Islamic Boarding School.” Selama kegiatan berlangsung dari pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, para mahasiswa mendapatkan penjelasan langsung dari Al-Ustadz Muhammad Budi Utomo, M.Pd., selaku pemateri utama. Beliau memaparkan bahwa sistem pembelajaran Al-Qur’an di Ma’had Al-Izzah dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dengan pembentukan karakter serta kepemimpinan santri.
“Kami tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga membangun karakter santri sebagai calon pemimpin muslim. Karena itu, setiap kegiatan belajar dikaitkan dengan nilai-nilai kepemimpinan dan kemandirian,” ujar Ustadz Budi Utomo.
Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa Ma’had Al-Izzah menerapkan dua pendekatan utama, yaitu metode Izzati untuk santri yang belum lancar membaca Al-Qur’an dan metode Tikrar untuk mendukung proses tahfidz atau hafalan. Keduanya diperkuat dengan kegiatan pendukung seperti mentoring, diskusi tematik, dan pembiasaan nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Ma’had Al-Izzah juga mengimplementasikan kurikulum terpadu yang menggabungkan pendidikan agama, umum, dan internasional. Lembaga ini bekerja sama dengan berbagai institusi, termasuk Universitas Islam Madinah, sebagai langkah memperluas jaringan akademik dan pengembangan mutu pendidikan.
Sebanyak 26 mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Mereka melakukan observasi langsung terhadap proses belajar, berinteraksi dengan tenaga pendidik, serta mendiskusikan efektivitas penerapan metode pembelajaran. Kegiatan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana lembaga pendidikan modern mampu mempertahankan nilai-nilai Qur’ani sekaligus menjawab tantangan zaman.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa UNIDA Gontor diharapkan dapat memperdalam wawasan akademik dan spiritual, sejalan dengan visi universitas sebagai Universitas Islam Terbaik yang berkomitmen mencetak generasi Qur’ani dan pemimpin beradab. Kegiatan tersebut juga menjadi bukti nyata kontribusi Universitas Islam Terbaik dalam pengembangan pendidikan Islam yang kontekstual dan berkelanjutan.
Redaksi: Allam Setiawan Nugroho
Editor : Ahmad Ma’ruf Muzaidin Arrosit






