Back

Latest News

Dua dosen Ekonomi Islam UNIDA Gontor resmi lolos sebagai asesor akreditasi LAMEMBA 2025. 100th Gontor

Selamat dan sukses Dosen UNIDA Gontor Sah Jadi Asesor LAMEMBA RI 2025

UNIDA Gontor — Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor kembali membawa kabar menggembirakan. Dua dosen Program...
Read More
Wakil Rektor I UNIDA Gontor, Assoc. Prof. Dr. Abdul Hafidz Bin Zaid, menghadiri Dialog MPR RI dan Liga Muslim Dunia di Gedung Nusantara V Jakarta untuk menegaskan komitmen kebangsaan dan moderasi beragama. Academic Updates

UNIDA Gontor Teguhkan Kebangsaan di Forum MPR RI dan Liga Muslim Dunia

UNIDA Gontor — Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) kembali menegaskan perannya dalam penguatan nilai...
Read More
Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional UNIDA Gontor berfoto bersama prajurit Yonif 413 Kostrad pada kegiatan Studi Akademik di Solo Raya. Academic Updates

Prodi HI UNIDA Mengkaji Kedaulatan RI di Kostrad dan Hotel Syariah Solo

UNIDA Gontor — Sebagai salah satu Universitas Islam Terbaik di Indonesia yang berkomitmen mencetak...
Read More
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor dan perwakilan UNISSA Brunei berjabat tangan usai menandatangani komitmen kerja sama akademik internasional di kampus UNIDA Gontor. Academic Updates

FST UNIDA Gontor Jalin Kerja Sama Akademik dan Riset dengan UNISSA Brunei

UNIDA Gontor — Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Darussalam Gontor terus menunjukkan komitmennya...
Read More
Delegasi Universiti Malaya berdiskusi dengan Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor membahas hidden curriculum, pendidikan 24 jam, dan tata kelola wakaf. Academic Updates

Universiti Malaya Mendalami Hidden Curriculum dan Tata Kelola Gontor

UNIDA Gontor — Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menerima kunjungan akademik delegasi Universiti Malaya (UM),...
Read More
Peserta DQ MAIK Malaysia mempraktikkan microteaching bahasa Arab di Hall Unida Inn, didampingi dosen Pusdiklat UNIDA Gontor dan diikuti mahasiswa sebagai pelajar. Academic Updates

Microteaching Pusdiklat UNIDA Gontor untuk Guru Bahasa Arab DQ MAIK

UNIDA Gontor – Microteaching menjadi salah satu agenda penting dalam program Arabic Language Teaching...
Read More
Pembukaan Grand Opening BTN Syariah Halal Lifestyle Expo dalam rangka The 13th AICIF dan 100 Tahun Gontor oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal di Panggung Expo UNIDA Gontor, dengan latar stan UMKM halal Ponorogo dan FORBIS Gontor. 100th Gontor

Grand Opening BTN Syariah Halal Lifestyle Expo AICIF Seabad Gontor

UNIDA Gontor — Grand Opening BTN Syariah Halal Lifestyle Expo resmi digelar di Panggung...
Read More

Assoc. Prof. Dr. Jarman Arrosisi, M.Ud.

Head of Program

We aspire to become a distinguished Doctoral Program, excelling in the development of Islamic Theology (Aqidah) and Philosophy as a foundation for the Islamisation of contemporary knowledge.

Misi

1. Menyelenggarakan proses pendidikan tingkat doktor yang berorientasi pada keunggulan, kejujuran, integritas, dan kewibawaan akademik dalam suasana religius;
2. Menyelenggarakan proses pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi melalui penelitian dan kajian ilmiah dalam kerangka paradigma Islamisasi Ilmu, yang memposisikan aqidah Islamiyah sebagai basis teologis melalui tradisi dan budaya ilmiah;
3. Mengembangkan program-program pengembangan masyarakat secara konsisten, dalam konteks tradisi pesantren, yang diarahkan untuk membangun tatanan kehidupan Islami dan aktif dalam menyelesaikan problem umat;
4. Mengembangkan suasana akademik sebagai pengembangan wawasan keilmuan yang memposisikan aqidah Islamiyah tidak hanya sebagai pedoman hidup, tetapi juga sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan kontemporer;

Tujuan dan Sasaran

Menghasilkan Pemimpin Ahli

Terselenggaranya program doktor yang menghasilkan alim, ulama, akademisi, peneliti dan pemimpin yang memiliki wawasan keislaman yang mendalam dan komprehensif, mempunyai keahlian dalam pengembangan ilmu berdasarkan Islamic Wordview, beriman, berilmu dan berakhlak mulia sebagai wujud dari komitmen keislamannya;

Memajukan Ilmu Pengetahuan melalui Keimanan

Terselenggaranya proses pendidikan yang menghasilkan temuan-temuan ilmiah sebagai konsekuensi dari filsafat keilmuan yang memposisikan aqidah Islamiyah sebagai basis pengembangan ilmu-ilmu, sekaligus sebagai basis integrasi keilmuan, baik integrasi antar ilmu, maupun antara ilmu dan agama;

Membina Nilai-Nilai Pesantren

Berkembangnya suasana pendidikan pesantren yang menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa pesantren, jiwa kepemimpinan, mempunyai komitmen pada kemajuan Islam dan umat, berwawasan global, dan terus terlibat aktif dalam pengembangan masyarakat dan menyelesaikan problem umat;

Mempromosikan Keunggulan Akademik

Berkembangnya suasana akademik yang menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan, pengalaman dan keilmuan dengan memposisikan aqidah Islamiyah sebagai basis teologis bagi pengembangan ilmu konsep-konsep etika, dan pandangan-pandangan mengenai produktivitas dan profesionalisme.

Profil Lulusan

Peneliti

Mampu menghasilkan karya riset inovatif, otoritatif, dan diakui secara nasional maupun internasional. Memecahkan masalah teologi dan filsafat secara interdisipliner. Mampu menganalisis dan mengaplikasikan ilmu dalam riset multidisiplin.

Da'i

Mampu memecahkan masalah teologi dan filsafat kontemporer dengan pendekatan lintas disiplin. Menawarkan solusi baru secara berkesinambungan. Mampu mempresentasikan hasilnya di forum nasional dan internasional.

Cendikiawan

Memecahkan persoalan teologi dan filsafat dengan data relevan dan referensi primer. Memberikan rekomendasi solusi atas permasalahan kontemporer. Mampu mempresentasikan isu terkini di seminar nasional dan internasional.

Ulama

Memecahkan masalah teologi dan filsafat secara interdisipliner. Menawarkan solusi berkesinambungan terhadap isu kontemporer. Mampu mempresentasikan pandangan di konferensi nasional maupun internasional.

Akademisi

Mengembangkan teori teologi dan filsafat melalui riset yang inovatif. Memimpin riset yang diakui secara internasional. Menganalisis filosofi ilmu untuk riset multidisiplin.

Pemimpin

Memecahkan masalah teologi dan filsafat dengan pendekatan interdisipliner. Memimpin riset yang bermanfaat untuk umat manusia. Memberikan solusi inovatif untuk persoalan kontemporer.

Desain Kurikulum

Semester 1

1. Isu-Isu Kontemporer dalam Epistemologi Islam (Teori) 2. Logika dan Metafisika Islam 3. Metodologi Penelitian Aqidah dan Filsafat Islam Ilmu Kalam Kontemporer

Semester 2

1. Isu-Isu Pemikiran Filsafat Islam dan Tasawuf 2. Isu-Isu Kontemporer dalam Epistemologi Islam (Praktik) 3. Studi Teks: Tafsir Kalam, Falsafi dan Sufi 4. Filsafat Politik 5. Filsafat Bahasa 6. Publikasi Karya Ilmiah

Semester 3

1. Ujian Kualifikasi 2. Ujian Proposal

Semester 4

Ujian Tertutup Disertasi

Semester 5

Ujian Terbuka Disertasi

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL Induk

1. Memiliki pemahaman dan wawasan keislaman yang komprehensif, mempunyai keahlian dalam pengembangan ilmu berdasarkan Islamic Worldview.

2. Dapat mengembangkan keilmuan Islam dalam bidang Aqidah dan Filsafat Islam sebagai basis teologis, memiliki komitmen pada kemajuan umat Islam, berwawasan global, dan terus terlibat aktif pada pengembangan masyarakat dalam menyelesaikan problem umat.

3. Dapat mengembangkan pendidikan akademik sepanjang hayat dengan menciptakan temuan-temuan baru yang memposisikan Aqidah Islamiyah sebagai basis ilmu, melalui proses penelitian baik dalam kancah nasional maupun intenasional.

4. Memiliki tanggungjawab dalam menyelesaikan problem umat dan akhlak mulia sebagai wujud dari komitmen keislamannya.

CPL Prodi

1. Mampu mengembangkan konsep-konsep teologi dan filsafat atau praktik profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, otoritatif, original dan teruji.

2. Mampu memecahkan persoalan-persoalan teologis dan aliran filsafat kontemporer melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner.

3. Mampu mengelola dan memimpin pengembangan riset yang bermanfaat bagi pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.

4. Mampu menganalisis filosofi keilmuan di bidang teologi Islam dan filsafat serta melakukan pendalaman dan perluasan kajian dan mengaplikasikannya dalam riset multidisiplin.

5. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah-masalah teologi dan filsafat dengan menggunakan analisis data yang relevan dan referensi yang otoritatif primer.

6. Mampu menemukan solusi baru atau merekomendasikan usulan solusi untuk mengkaji dan menyelesaikan problem teologi dan filsafat kontemporer, secara berkesinambungan dari sudut pandang keilmuannya.

7. Mampu menavigasi isu-isu kontemporer di bidang teologi dan filsafat serta mempresentasikannya dalam seminar dan konferensi nasional maupun internasional.

Why do a Doctoral degree at Universitas Darussalam Gontor

Islamisation of Knowledge

To contribute directly to the advancement of science, arts and technology through research and development within the Islamisation of knowledge framework that places the Islamic Aqidah as the basis for scientific culture and tradition.

Academic Excellence

To offer a doctoral degree that emphasises excellence, honesty, integrity and academic authority in a relligious atmosphere within the pesantren tradition.

Scientific Development

To provide an intellectual home where scholars and professionals from around the globe research and teach in light of the Islamic Aqidah as the foundation of scientific development and live in accordance with the Islamic principles and values.

Building an Islamic Polity

To conduct programs of education and research related to community development, informed by the Pesantren wisdom values, and aimed at building an Islamic polity and solving the Muslim community problems.

Eligibility Criteria

  • Applicants must hold a master’s degree in a relevant field from an accredited institution
  • Candidates are required to submit a detailed research proposal aligned with the university's research priorities or their chosen field of study.
  • Proficiency in English (and/or Arabic, depending on the program) is mandatory, demonstrated by TOEFL/IELTS scores or equivalent, or through a language proficiency test conducted by the university.