e-risalah  |  e-kinerja  |  SIAKAD  |  Admisi

UNIDA Gontor Adakan Pelatihan Skrining Pendengaran Bersama RS Yasyfin

UNIDA Gontor – Rabu, 02 Safar 1446/ 07 Agustus 2024,  Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, bekerja sama dengan Rumah Sakit Yasyfin Pondok Modern Darussalam Gontor, menggelar acara Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Skrining Pendengaran. Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Hotel UNIDA Gontor ini dihadiri oleh 40 peserta dari berbagai kalangan, serta para narasumber ahli dalam bidang kesehatan pendengaran.

Acara ini dibuka dengan dua sesi materi. Sesi pertama membahas Anatomi Telinga dan Fisiologi Pendengaran yang dibawakan oleh dr. Haris. Sementara sesi kedua berfokus pada Skrining Pendengaran Anak Sekolah, disampaikan oleh Prof. Dr. Nyilo Purnami, dr. Sp.THT-BKL, Subsp. NO(K), FICS, FISCM, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengabdian Masyarakat.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain dr. Mukhlas Hamidy (Direktur RS. Yasyfin), dr. Rosa Falerina, Sp.THT-BKL, Subsp. NO(K) (Wakil Sekretaris PERHATI KL Jawa Timur Utara), Chistopher Waterworth, Ph.D. (University of Melbourne), dan Ibu Dyah Ayu Puspitaningarti, SKM, M. Kes. (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo).

Mengawali acara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Ibu Dyah Ayu Puspitaningarti, SKM, M. Kes., menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pelatihan ini. “Kesehatan adalah tanggung jawab bersama dan merupakan anugerah dari Allah SWT. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi awal dari kolaborasi yang lebih luas dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Ponorogo,” ujar beliau.

Sambutan berikutnya diberikan oleh Direktur RS. Yasyfin, dr. Mukhlas Hamidy, yang menyampaikan bahwa acara pelatihan ini merupakan salah satu langkah nyata dari amanah Pondok Modern Darussalam Gontor, yang tidak hanya fokus pada pelayanan kesehatan masyarakat, tetapi juga dalam aspek pendidikan.

Dukungan juga disampaikan oleh dr. Rosa Falerina dan Chistopher Waterworth dari University of Melbourne yang mengapresiasi pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pendengaran, terutama pada anak-anak sekolah.

Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil., menutup sesi sambutan dengan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk khidmat Gontor kepada masyarakat, melanjutkan tradisi bakti sosial yang pernah dilakukan pada tahun 1992 bersama mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. “Alhamdulillah, Gontor kini telah memiliki Fakultas Kedokteran sendiri, dan kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor,” tutur beliau. Prof. Hamid juga berharap kegiatan sosial ini dapat diperluas di masa mendatang.

Setelah rangkaian sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi pelatihan dan diskusi yang interaktif, dengan berbagai pertanyaan menarik dari peserta.

Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada para narasumber, sesi foto bersama, dan ditutup dengan doa. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran dan kemampuan deteksi dini masalah pendengaran di kalangan anak-anak sekolah.

 

Redaksi: Fahmi Akhyar Al Farabi

Editor: Ahmad Ma’ruf Muzaidin Arrosit