Ujian Tengah Semester: Momentum Tolak Ukur Akademik Kualitas Mahasiswi

Mantingan – Al-Ma’hadu la Yanamu Abadan, Taharrak Fa-Inna Fi l Harakati Barakah. Ditengah padatnya acara awal tahun, yang dimulai dari pekan perkenalan Khutbatu l Arsyi, hari raya Idul Adha, dan sekarang adalah acara pembukaan Ujian Tengah Semester Universitas Darussalam Gontor Kelas C, yang resmi di buka  pada hari Sabtu/ 22 Juni 2024, oleh Al Ustadz Assoc. Prof. Dr nur Hadi Ihan, MIRKH pada pukul 06.45 hingga pukul 07.15. Acara pembukaan ujian dilaksanakan di Lapangan Siti Aminah yang diikuti oleh seluruh mahasiswi dan seluruh civitas akademika Universitas Darussalam Gontor Kelas C. Acara pembukaan ujian merupakan salah satu agenda yang harus diadakan sebelum terlaksananya ujian. Gontor selalu mengajarkan kepada guru-guru dan santri-santrinya agar memulai kegiatan dengan niat yang baik, maka seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan niat dan do’a, beserta arahan dan nasehat. Pelaksanaan Ujian Tengah Semester berlangsung hingga tanggal 27 Juni 2024, melibakan seluruh mahasiswi semester 1- 7 sebagai peserta ujian, dan seluruh civitas akademika sebagai pengawas ujian. Dengan menggunakan 45 ruangan, diantaranya tersebar di bangunan gedung Mesir lantai 3, gedung Istanbul lantai 2 dan 3, gedung Palestina, dan gedung Iskandaria.

Ujian tengah semester menjadi sebuah tolok ukur pemahaman dan penguasaan materi kuliah mahasiswi. Pada kesempatan ini Bapak Deputi Wakil Rektor menyampaikan bahwasanya ujian tengah semester menjadi wadah evaluasi bagi kita semua, mengevaluasi pemikiran, mengetahui keunggulan, kelebihan, keutamaaan, serta mengevaluasi apakah strategi belajar kita sudah baik, benar, utama, dan istimewa.

Gegap gempita kesemangatan mahasiswi dalam menyambut datangnya ujian tengah semester terlihat dari kegigihan, keseriusan, dan kesungguhan mahasiswi dalam belajar dan mengerjakan tugas ujian. Hal ini senada dengan petuah bapak kyai yaitu Ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian.

Redaksi: Dini Rofi’atul Khoiriyyah