Fakultas Tarbiyah

Mengembangkan inovasi menjunjung tinggi nilai Islami

Sejarah Fakultas Sains dan Teknologi

Pendidikan adalah salah satu bidang terpenting dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di Islam. Melalui pendidikan, pengetahuan dalam Islam berkembang dan mengalami kemunduran. Untuk alasan ini, UNIDA Gontor sejak awal telah menyadari pentingnya Fakultas Pendidikan Islam (Tarbiyah). Sebagai medium vital untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam Islam, sangat penting bagi pendidikan untuk terus dikembangkan, baik dari segi metode, strategi, sistem, maupun struktur kelembagaannya. Oleh karena itu, fakultas ini menyediakan pengetahuan tentang pendidikan Islam, pendidikan bahasa, serta pedagogi. Misi fakultas adalah menghasilkan cendekiawan dan pendidik Muslim yang berpikiran luas, yang tidak hanya menguasai pengetahuan pendidikan tetapi juga pengetahuan tentang Islam, sehingga mereka mampu menghadapi tantangan pendidikan sekuler Barat yang mempromosikan prinsip dikotomi antara agama dan pengetahuan rasional. Secara praktis, fakultas ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung untuk penerapan pengetahuan yang mereka pelajari melalui praktik mengajar. 

Profil Fakultas Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah

Profil Fakultas Pendidikan Islam (Tarbiyah) UNIDA Gontor

  1. Visi: Menghasilkan pendidik dan cendekiawan Muslim yang berkualitas, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi tantangan global serta berkontribusi positif terhadap masyarakat.

  2. Misi:

    • Mengembangkan kurikulum yang relevan dan inovatif dalam pendidikan Islam.
    • Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pendidikan dan agama Islam.
    • Menyediakan fasilitas praktik yang mendukung penerapan pengetahuan melalui pengalaman langsung di lapangan.
    • Mendorong penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan Islam dan metodologi pengajaran.
  3. Jurusan: Fakultas ini memiliki tiga jurusan utama:

    • Pendidikan Islam: Fokus pada pengajaran dan pengembangan kurikulum pendidikan agama.
    • Pengajaran Bahasa Arab: Menyediakan keterampilan dalam pengajaran bahasa Arab sebagai bahasa agama.
    • Pengajaran Bahasa Inggris: Mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris dan metodologi pengajaran yang efektif.
  4. Fasilitas:

    • Ruang kelas modern dan fasilitas multimedia untuk mendukung proses belajar mengajar.
    • Laboratorium bahasa untuk praktik komunikasi dalam berbagai bahasa.
    • Perpustakaan dengan koleksi buku dan referensi yang kaya tentang pendidikan dan agama.
  5. Kegiatan Ekstrakurikuler: Fakultas ini juga mendorong kegiatan ekstrakurikuler, seperti seminar, lokakarya, dan pengabdian masyarakat, untuk memperluas wawasan dan pengalaman mahasiswa.

  6. Kegiatan Penelitian: Mahasiswa dan dosen didorong untuk melakukan penelitian dalam bidang pendidikan Islam, baik secara individu maupun kolaboratif, guna meningkatkan kualitas pendidikan.

  7. Komitmen Sosial: Fakultas berkomitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui program-program pengabdian yang memperkuat nilai-nilai Islam dan pendidikan.

Fakultas Pendidikan Islam di UNIDA Gontor bertujuan untuk mencetak generasi pendidik yang mampu menyebarkan ilmu dan nilai-nilai Islam secara efektif, sekaligus beradaptasi dengan perkembangan pendidikan di era modern.