Tingkatkan Keilmuan di Luar Kampus, Mahasiswi  Semester 4 Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam  Adakan Studi Akademik ke Yogyakarta dan Jawa Tengah

Tingkatkan Keilmuan di Luar Kampus, Mahasiswi Semester 4 Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Adakan Studi Akademik ke Yogyakarta dan Jawa Tengah

“Membidik aspek-aspek keilmuannya dan meneliti progam serta kegiatan akademik yang sifatnya teoritik untuk membangun intelektual etik” (Al-Ustadz Asif Trisnani, LC.M.A)
“Target dan tujuan utama acara Studi Akademik dan Studi Pengayaan Lapangan ini adalah melahirkan kemandirian ilmiah dan intelektual” (Al Ustadz Hasib Amrullah,M.Ud)
Aktif untuk selalu mencoba hal baru. Itulah sekiranya yang telah dijalani mahasiswi Fakultas Ushuluddin semester 4 Universitas Darussalam divisi Mantingan. Segala persiapan yang telah direncanakan, membuahkan hasil dengan terlaksananya Studi Akademik bagi mahasiswi di semester 4 ini. Pelepasan acara begitu lengkap dengan petuah dan nasehat bijak dari Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi selaku rektor UNIDA yang juga mendukung berlangsungnya kegiatan ini. Pelepasan diadakan bersama dengan mahasiswa dan mahasiswi semester 4 dan 6 dari UNIDA cabang yang juga akan melakukan kegiatan Studi Akademik maupun Studi Pengayaan Lapangan di Universitas Darussalam Kampus Siman
Berjumlah 38 mahasiswi fakultas Ushuluddin divisi Mantingan semester 4 dari 3 prodi yang berbeda, melaksanakan Studi Akademik di daerah Yogyakarta yang dimulai keberangkatannya oleh Prodi Aqidah Filsafat pada tanggal 16 Januari, disusul setelahnya keberangkatan prodi Perbandingan Agama dan yang terakhir Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Dengan bimbingan dosen dan asatidz yakni Al-Ustadz Harda Armayanto, M.A dan Al-Ustadz Mahmud Rifa’an,S.Ud selaku pembimbing prodi Perbandingan Agama, Al-Ustadz Rahmat M.A dan Al-Ustadz Zainal Muttaqin, S.Ud selaku pembimbing Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir serta Al-Ustadz Ishomuddin,M.Ud dan Al-Ustadz Novriyanto,M.U selaku pembimbing prodi Aqidah Fisafat, masing-masing prodi menelusuri pelosok Yogyakarta dengan lokasi sasaran sebagai berikut:
Prodi Perbandingan Agama:
1. Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten
2. Narayana Smrti Ashram
3. Goa Maria Sendangsono
4. Vihara Mendhut
5. Klenteng Gondomanan
6. Masjid Gedhe Kauman (Napak Tilas K.H. Ahmad Dahlan)
Prodi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir:
1. Sekolah Tinggi Agama Islam Pandanaran (STAISPA)
2. UIN Sunan Kalijaga
3. Universitas Ahmad Dahlan
4. Baitul Qur’an
Prodi Aqidah Filsafat:
1. Pondok Pesantren I’jazul Qur’an, Boyolali
2. Universitas Gajah Mada
3. Kunjungan ke Bapak Farid Mustafa (Dosen Filsafat Agama UGM)
4. Kunjungan ke Bapak Nur Kholik Ridwan (Islam Nusantara)
5. Kunjungn ke Bapak Memed Majidun (Islam Nusantara)
6. Kunjungan ke Ustadzah Yulia Riswan (Post Modernisme)

Kurang lebih selama 4 hari, berbagai macam kegiatan berlangsung dalam bentuk penelitian, diskusi umum, seminar, praktek dan lain sebagainya. Alhamdulillah acara ini berlangsung dengan baik dan lancar dengan memberikan pengalaman bagi mahasiswi berupa penelitian yang baik, keberanian dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat, penggalian masalah dari tiap objek yang berbeda serta kemandirian dalam memetik manfaat, pelajaran, hikmah dan berakhir dengan memberikan kesimpulan yang bijak dengan memahami kekurangan serta mencontoh kebaikan dari tiap objek yang berbeda.
Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar dapat meningkatkan semangat para mahasiswa dan mahasiswi UNIDA dalam menggali keilmuan yang tersebar luas disegala penjuru tanah air, memperbanyak pengalaman, melatih kemandirian ilmiah serta membangun intelektual etik dalam diri seluruh mahasiswa dan mahasiswi UNIDA diluar bangku perkuliahan yang menyenangkan dan menambah wawasan yang belum terungkap diluar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *