Universitas Darussalam Gontor

pengabdian masyarakat UNIDA Gontor

UNIDA Gontor—Universitas Darussalam Gontor membuktikan perguruan tinggi tidak hanya menjadi “menara gading” ilmu pengetahuan, tapi juga berani turun mengabdi kepada masyarakat.

“Sebagai wujud rasa syukur kepada kampus sebagai pusat keilmuan , kami melakukan pengabdian kepada masyarakat. Karena salah satu tugas kami sebagai mahasiswa tidak hanya belajar di kampus, tetapi juga bagaimana keberadaan kami ini dapat bermanfaat untuk orang lain,” ujar Asep Maulana, mahasiswa Universitas Darussalam Gontor yang bersangkutan.

Pengabdian masyarakat sendiri diartikan sebagai kegiatan perguruan tinggi yang berorentasi pada pelayanan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni terutama dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa.

Kurangnya di kalangan anak muda dan masyarakat tentang dunia teknologi yang makin meningkat membuat mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, khususnya pada Program Studi Teknik Informatika memutuskan ikut terjun dalam program pengembangan edukasi tentang dunia teknologi, khususnya pada teknologi informasi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah dibentuk sejak lama oleh Universitas Darussalam Gontor, bahkan berlangsung dan berkembang sampai saat ini

Saat ini Universitas Darussalam Gontor telah berhasil membina lebih dari 40 orang di desa desa dan khususnya perangkat desa guna membangun sistem informasi, surat menyurat desa, dan membangun jaringan rt rw net, pelatihan office, biting, pembentukan Kim, dan website Kelompok informasi masyarakat.

Bukan hanya terjun di desa saja, sekolah dan pondok pesantren sekitar kampus juga menjadi sasaran utama untuk merealisasikan semangat para mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dalam pengabdian masyarakat ini.

Untuk membangun semangat anak muda yang ada di sekolah-sekolah dan pondok pesantren, para mahasiswa beserta dosen pembimbing Universitas Darussalam Gontor juga ikut terjun dalam bentuk pelatihan rutin seperti desain grafis, multimedia, animasi, database, dan pembuatan website.

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat menyalurkan pengetahuan yang mereka miliki kepada masyarakat, perangkat desa, dan khususnya bagi para pemuda.

Mereka juga berharap dapat terus mengasah keterampilan yang dimiliki para pemuda di masyarakat maupun desa guna memajukan kesejahteraan bangsa.

Kedepannya, diharapkan pemuda-pemuda ini dapat melanjutkan estafet perjuangan yang telah direalisasikan oleh Universitas Darussalam Gontor yang sudah dibangun dari dulu hingga sekarang, dan supaya generasi muda di wilayah sekitar kampus dapat meningkatkan wawasan tentang dunia teknologi, khususnya teknologi informasi. (Red: Dzulfikar Maulana/Ed. Adrian Rizky Pratama)

Adrian

Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *