Universitas Darussalam Gontor

UNIDA Gontor Press Jalin Kerja Sama Dengan Penerbit RajaGrafindo Persada

Penerbit UNIDA Gontor Press mengawali tahun ajaran baru ini melakukan kerja sama dengan penerbit nasional PT. RajaGrafindo Persada. Hal ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di lingkungan Universitas Darussalam Gontor.

Sebagai penerbit buku perguruan tinggi, UNIDA Gontor Press berkomitmen akan selalu meningkatkan kualitas produksi dan layanan penerbitan buku secara nasional dan internasional. Hingga saat ini UNIDA Gontor Press telah menerbitkan kurang lebih 102 judul buku. Buku tersebut ditulis menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan Bahasa Inggris sesuai kebutuhan civitas akademika UNIDA Gontor.

Demi meningkatkan kualitas buku terbitan, UNIDA Gontor Press menjalin kerja sama dengan penerbit PT. RajaGrafindo Persada pada tanggal 15 Juni 2021. Agenda kerja sama diawali dengan rapat redaksi secara online dengan Microsoft Teams antara kedua belah pihak.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pihak UNIDA Gontor yaitu Dr. H. Khairul Umam, M.Ec. (Wakil Rektor III), Dr. Sujiat Zubaidi, M.A. (Ketua LPPI), Muhammad Ismail, M.Pd.I (Ketua UNIDA Gontor Press), Yoke Suryadarma, M.Pd. (Ketua Bagian Kerja Sama). Dan perwakilan PT. RajaGrafindo Persada yaitu Henny Wuryansari, Monalisa, M.Si. (Senior Editor) Melina (Staff Promosi), Teguh Susanto (Staf Marketing).

Dalam rapat kerja sama tersebut kedua pihak menyepakati beberapa hal penting. Di antaranya:

  1. Naskah yang dicetak kedua pihak meliputi naskah buku ajar perkuliahan, buku referensi, naskah bacaan umum.
  2. Fokus kerja sama meliputi aspek percetakan, penerbitan, marketing, terjemah naskah, publikasi E-Book, dan Book Fair.
  3. Buku yang diterbitkan bersama akan didistribusikan secara nasional dan internasional ke seluruh jaringan para pihak.
  4. Setiap naskah yang terbit akan menggunakan ISBN dari penerbit UNIDA Gontor Press dan logo kedua pihak.
  5. Kedua pihak akan menerbitkan naskah penelitian seperti Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, Laporan KKN, Laporan Tracer Study.
  6. Buku yang ditulis dengan bahasa asing akan diprioritaskan untuk publikasi internasional melalui publikasi E-Book di Google Book Store.
  7. RajaGrafindo bersedia menfasilitasi penerjemahan naskah dan memasarkannya di pasar linternasional

Poin penting yang telah disepakati kedua pihak tersebut sebagai wujud upaya UNIDA Gontor Press dalam merealisasikan cita-cita UNIDA Gontor sebagai universitas Islam yang bermutu dan berarti. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Dr. Khairul Umam, M.Ec. bahwa syiar kampus kita adalah menebar manfaat ke dunia luas dengan prinsip mengembangkan ilmu serta melakukan Islamisasi Ilmu pengetahuan kontemporer melalui publikasi buku.

Dalam acara tersebut, Muhammad Ismail sebagai kepala penerbitan berharap agar UNIDA Gontor Press dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi melalui buku-buku yang diterbitkan. Ia juga berharap agar Dosen UNIDA Gontor dapat memanfaatkan momentum kerja sama ini dengan baik. Khususnya dengan cara menerbitkan karya tulis terbaiknya di penerbit UNIDA Gontor Press agar dapat dipasarkan secara nasional bahkan internasional . [tim unida gontor press]

Hibatul Wafi

Hibatul Wafi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *