Universitas Darussalam Gontor

UNIDA Gontor

Ahad, 27 September 2021 – Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) mengadakan kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Rektor kedua kampus tersebut menjadi bukti gerbang kolaborasi telah terbuka. Acara penandatanganan diselenggarakan secara virtual. Dari pihak UNIDA Gontor, hadir Bapak Rektor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. didampingi Direktur Pascasarjana dan Kepala Biro Kerjasama, Alumni dan Urusan Internasional (BKAUI). Dari UIN Ar-Raniry (UINAR) juga hadir Bapak Rektor, Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, M.A. bersama jajaran Wakil Rektor dan Direktur Pascasarjana.

Dalam sambutannya, Rektor UINAR mengatakan bahwa kerjasama merupakan suatu ikatan sinergis yang dapat membantu dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “UIN Ar-Raniry merasa bahagia karena banyak alumni Gontor yang menjadi mahasiswa dan alumni di UIN Ar-Raniry.” Kata Prof. Warul. “UIN Ar-Raniry memiliki keuanggulan berupa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) yang mendapat peringkat 1 selama 5 tahun berturut-turut. Prodi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab juga menjadi prodi terbaik di Sumatera.” Saat ini, UIN Ar-Raniry mendapatkan akreditasi baik sekali dan merupakan centre of excellence di wilayah Sumatera. Selain itu, UINAR juga mempunyai pusat studi yang bisa dikerjasamakan. Prof. Warul berharap, semoga dengan kerjasama ini dapat memperkuat hubungan antara UNIDA Gontor dengan UIN Ar-Raniry.

UNIDA Gontor

Prof. Hamid juga berharap, setelah penandatanganan MoU ini bisa berlanjut menjadi Memorandum of Agreement (MoA) atau Implementation Agreement (IA). Implementasi kerjasama dapat berupa kegiatan dalam bidang pendidikan, seperti pertukaran dosen, penelitian, makalah, jurnal, dan lain sebagainya. UNIDA Gontor mendapat akreditasi Baik Sekali dengan 8 fakultas, 18 program studi, 3 program magister dan satu program doktoral. Selain itu, UNIDA Gontor juga memiliki jurnal Sinta 2 dan Open Access, serta keunggulan sistem pesantren yang menjadi bagian dari program pengajaran dan pendidikan. [Lalu Fannany Farody Albar/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Berita terkait kerjasama:

Rektor UNIDA Gontor Tandatangani MoU dan MoA Bersama Minbar Al-Aqsa Association

MoU dengan AIMEP, UNIDA Gontor Siap Menerima Pelajar Australia

BI Lakukan Kerjasama dengan UNIDA Gontor

Seminar BAMUIS Pererat Kerjasama UNIDA Gontor dengan UMY

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *