Universitas Darussalam Gontor

Pada tahun ini, Universitas Darussalam Gontor telah mengadakan dua kali ujian tilawah guna mengetahui perkembanga kemampuan tilawah mahasiswa. Sebelum ujian tersebut dilaksanakan, mahasiswa telah mendapatkan pelatihan selama 2 bulan. Untuk pelatihnya sendiri merupakan mahasiswa dan dosen yang berkompeten dan telah lulus seleksi.

Jum’at, 30 Juli 2021 Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. telah membacakan secara langsung hasil ujian tilawah kedua kepada seluruh sivitas akademika UNIDA Gontor. Dari hasil ujian tilawah kedua ini, tercatat sebanyak 266 mahasiswa dinyatakan lulus dan 54 mahasiswa dinyatakan tidak lulus dari total seluruh mahasiswa baru yang mengikuti program tersebut yaitu sebanyak 320 mahasiswa. Adapaun rincian jumlahnya ialah sebagai berikut:

  1. Mumtaz (Memuaskan)            : 18 dari 320 mahasiswa baru.
  2. Jayyid Jiddan (Baik Sekali)    : 75 dari 320 mahasiswa baru.
  3. Jayyid (Baik)                           : 90 dari 320 mahasiswa baru.
  4. Maqbul (Cukup)                       : 83 dari 320 mahasiswa baru.
  5. Rosib (Belum Lulus)                : 54 dari 320 mahasiswa baru.

Dengan adanya program tahsin tilawah al-Quran ini, Bapak Rektor berharap seluruh mahasiswanya kelak setelah lulus dari kampus sudah memiliki bekal ilmu yang cukup untuk berjuang di masyarakat, terutama ilmu Al-Quran yang mencerminkan jati diri seorang santri.

Keutamaan Al-Qur’an

Allah Subhabahu wa Ta’aalaa telah menurunkan al-Quran sebagai pedoman serta petunjuk bagi seluruh umat manusia dalam mengarungi perjalanan hidup di dunia ini. Al-Quran juga diturunkan sebagai mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW, ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir. Membaca Al-Qur’an dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan setiap huruf yang kita baca bernilai pahala. Sebagaimana sabda Rasulullah Subhabahu wa Ta’aalaa riwayat Tirmidzi yang artinya: “Barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah maka dia mendapatkan satu pahala, kemudian dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” 

Al-Quran adalah kitab suci yang mulia dan memuliakan mereka yang tidak hanya membacanya. Namun, juga mereka yang mempelajari dan mengajarkannya. Sungguh besar keutamaan yang akan diberikan kepada para ahlu al-Quran, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang berbunyi:

 خيركم من تعلّم القرآن وعلمه

Sebaik-baik dari kalian adalah orang yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (Mutafaqqun Alaihi).

Dalam hadist yang lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga bersabda:

من قرأ القرآن وحفظه ، أدخله الله الجنّة ، وشفعه في عشرة من أهل بيته، كلهم قد استوجب النار

“Siapa yang membaca al-Qur’an dan menghafalkannya, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan menganugerahinya hak untuk memberikan Syafa’at kepada seluruh orang keluarganya yang telah ditetapkan sebagai penghuni neraka.” (HR. Ibnu Majah)

Oleh karena itu, guna meraih dan menjadi insan terbaik seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Universitas Darussalam Gontor telah mengadakan program Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Tahfidz Al-Qur’an untuk seluruh mahasiswanya. Program tahsin tilawah Al-Quran ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UNIDA Gontor dan dianjurkan bagi mahasiswa lama dan seluruh dosen yang ingin mengikutinya. [Reza Kurniawan]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *