Universitas Darussalam Gontor

tekad kuat

Setiap orang pasti memiliki impian dalam hidupnya. Sebagian dari kita ada yang memiliki impian sederhana, besar, dan bahkan ada yang mungkin mustahil untuk sekiranya bisa diraih dengan mudah.

Dalam mewujudkan impian yang kita punya, perlu sebuah pengorbanan yang terdiri dari pengorbanan waktu, harta bahkan nyawa sebagaimana yang dikatakan oleh K.H. Ahmad Sahal Rahimahullah “Bondo Bahu Pikir Lek Perlu Sak Nyawane Pisan” falsafah yang ditanamkan beliau dalam mewujudkan impian atau cita-cita besarnya dalam membangun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG).

Kutipan dari falsafah diatas berkaitan erat dengan suatu penyampaian dalam acara kuliah tujuh menit (kultum) oleh al-ustadz Hanif Sirajulhuda, seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang berbunyi “unsur terpenting yang mendorong impian kita terwujud adalah kefokusan dan yang memperkuat tingkat kefokusan seseorang terhadap impiannya adalah keinginan serta tekad yang kuat”.

Pernyataan di atas juga sejalan dengan perkataan al-ustadz K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi rahimahullah yang berbunyi “orang yang tidak mau berbuat apa-apa maka dia tidak akan tau apa-apa, apabila tidak tau apa-apa, maka kelak tidak akan menjadi apa-apa”, dikutip oleh al-ustadz Hanif Sirajulhuda dalam kultum yang beliau sampaikan.

Kegagalan tidak akan pernah lepas dari proses menuju kesuksesan, namun ketika kegagalan itu hadir, perlu sebuah sikap yang tepat agar kita terus bangkit demi sebuah impian dan takkan pernah hilang harapan.

Bermimpi besar boleh, namun perlu diimbangi oleh keinginan dan tekad yang kuat, sebab orang yang memiliki impian besar namun kecil keinginan untuk mewujudkannya, akan terkalahkan oleh orang yang memiliki impian sederhana namun besar keinginan untuk mewujudkan impiannya. (Red. Karumiadri/Ed. Adrian Rizky Pratama) 

Adrian

Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *