Soft Launching Aplikasi Virtual Market Tamam.id

Soft Launching Aplikasi Virtual Market Tamam.id

UNIDA Gontor – UNIDA Gontor berkerjasama dengan Bank Indonesia melaksanakan soft launching aplikasi virtual market yang bernama tamam.id di Hall Gedung Terpadu lantai 4 UNIDA Gontor, Ahad (4/8)/

Perfotoan di depan Gedung Terpadu UNIDA Gontor

Beberapa yang hadir dalam acara tersebut Ketua Badan Wakaf Pondok Modern, Drs. KH Akrim Mariyat, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), KH Hasan Abdullah Sahal, Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarkasyi, Ketua Yayasan Pemeliharaan dan Pengembangan Wakaf Pondok Modern (YPPWPM), Ustadz H. Imam Shobari, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Bapak Dody Budi Waluyo, Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern (PP IKPM), Ustadz H. M. Adib Fuadi Nuriz, Ph.D., Ketua Forum Bisnis (FORBIS) IKPM Gontor, Ustadz H. Agus Maulana, Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG), serta perwakilan beberapa Kepala BI Cabang dengan beberapa stafnya.

Tamam.id merupakan virtual market  yang akan mensinergikan kegiatan jual beli antar pesantren di Indonesia. Halal value chain yang terbentuk di kalangan pesantren diharapkan menjadi percontohan perkembangan Ekonomi Syariah di era digital. Menurut Doddy Budy Waluyo, Bank Indonesia tidak lagi hanya peduli pada masalah inflasi sebagai ujung dari kegiatan ekonomi, akan tetapi BI keluar dari pagar untuk memperhatikan ekonomi di ranah UMKM, khususnya pesantren sebagai komunitas kecil Ekonomi Syariah.

Prof. Dr. KH Amal Fathullah Zarkasyi dalam sambutannya menyampaikan “Kita menginginkan ekonomi syariah bisa bekembang pesat berkembang di Indonesia. UNIDA, sebagai lembaga keilmuan memang sengaja merancang adanya ekonomi Islam yang mengaplikasikan politik ekonomi Islam,” papar Prof. Amal Fathullah.

Sementara itu, KH Hasan Abdullah Sahal dalam sambutannya menekankan pentingnya kemandirian ekonomi dan perintah berbagi dalam Islam. “Tidak ada perintah kepada umat Islam untuk meminta, tapi adanya memberi zakat dan infaq. Tidak boleh meminta,” terang beliau.

Perfotoan Bersama dengan Tamu Undangan

Setelah soft launching, peserta yang tergabung dalam Forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor dan Forum Bisnis (Forbis) Gontor mengikuti Talkshow “Manfaat Virtual Market dalam Mendorong Ekonomi Pesantren” pada siang hari dan penggunaan aplikasi tamam.id oleh tim IT UNIDA pada malam harinya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *