Universitas Darussalam Gontor

Silaturrahim dan Pembagian Jadwal Civitas Akademika UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Dalam rangka mengawali tahun ajaran baru serta momentum Idul Fitri 1442, UNIDA Gontor mengadakan acara silaturrahim bersama seluruh civitas akademika; dosen, tenaga kependidikan dan stafnya (12 Syawwal 1442/23 Mei 2021). Acara bertempat di Hall CIOS UNIDA Gontor.

Hadir pada moment penting ini Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A dan KH. Akrim Maryat, Dipl.Ed. dan Segenap Rektor Universitas Darussalam Gontor beserta wakilnya.

Dalam sambutannya, KH. Amal Fathullah Zarkasyi mengingatkan bahwa kita harus banyak bersyukur, karena meski dalam kondisi pandemi seperti ini, kita, keluarga besar UNIDA Gontor masih bisa melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara offline. Karena, di luar sana masih banyak sekolah dan perguruan tinggi yang belum aktif secara normal.

KH. Akrim Maryat, sebelum membacakan doá, beliau menekankan kembali bahwa tujuan didirikannya pondok kita ini (Gontor) adalah sama dengan tujuan agama kita (Islam); yaitu untuk ibadah kepada Allah SWT. UNIDA Gontor menjadi wasilah kita untuk beribadah.

Setelah acara silaturrahim bersama pimpinan pondok, acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Rektor UNIDA Gontor sekaligus pembagian jadwal untuk seluruh dosen.

Bapak Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil, mengawali sambutannya dengan ucapan sambutan kepada segenap dosen karena bisa menghadiri acara penting ini di tengah pandemi yang belum reda. Beliau menyampaikan beberapa hikmah di balik pandemi ini. Karena pandemi ini, UNIDA Gontor bisa mengadakan seminar nasional bahkan internasional berkali-kali pada tahun kemarin. Selain itu, IPK mahasiswa juga meningkat karena mereka fokus belajar dan tidak ada waktu main-main keluar kampus.

Lebih lanjut lagi, beliau menyampaikan bahwa sudah saatnya UNIDA Gontor merancang sendiri sistem pembelajaran online seperti yang sudah diwacanakan di beberapa perguruan tinggi di berbagai tempat.

Hal penting lainnya yang beliau sampaikan adalah, beliau mengingatkan ada 4 program studi di UNIDA Gontor yang harus segera menyiapkan berkasnya guna reakreditasi; Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Perbandingan Madzhab (PM), Prodi Ekonomi Islam (EI) dan Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom). Harapannya, prodi yang akreditasinya A bisa terus mempertahankan, sedangkan yang masih B atau C bisa terakreditasi Unggul (A).

Acara selanjutnya sambutan dari wakil rektor UNIDA Gontor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Administrasi dan Keuangan serta Penelitian dan Kerjasama antara UNIDA Gontor dan lembaga lain, baik nasional maupun internasional. [Au. Ahmad Kali Akbar]

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *