Universitas Darussalam Gontor

Tahfidz

Jum’at, 03 September 2021 – Ujian Tahfidz Al-Quran merupakan agenda yang diadakan tiap semester di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Kegiatan tahfidz ini menjadi salah satu core UNIDA Gontor dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Ujian Tahfidz ini diselenggarakan secara serentak bagi seluruh mahasiswa dan kelulusannya menjadi salah satu syarat agar bisa mengikuti Ujian Akhir Semester.

Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. mengapresiasi atas kegiatan tahfidz yang telah berjalan dengan disiplin dan tertib. Beliau menyampaikan bahwa agenda ini sudah menjadi lazimah bagi mahasiswa. “Orang yang membaca Al-Qur’an setiap hari akan sehat, karena Al-Qur’an adalah Syifaa. Pada dasarnya, semua orang itu mampu untuk menghafal Al-Qur’an. Hanya saja, kemauan mereka yang masih dipertimbangkan”. Demikianlah pesan beliau.

Dalam program tahfidz selama satu semester ini, ada beberapa mahasiswa yang berhasil menghafal 5 juz, bahkan lebih. Dimana secara normal jumlah hafalan seharusnya hanya setengah juz. Diantara mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi hafalan 5 juz keatas ialah: Dini Syauqi, Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir semester 1; Fathullah, Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir semester 1; Handila, Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir semester 1; Usamah As-Sidiq, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam semester 1; dan, Azmi Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir semester 1.

Harapannya, mereka dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa lainnya. Sehingga, dapat meningkatkan kemauan untuk menghafal Al-Qur’an. Terutama bagi seorang laki-laki karena akan menjadi pemimpin dan imam. [Mohammad Nurwahyudi/Ed:Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *