PILMAPRES 2020: UNIDA Gontor Siap Unggul dan Mengabdi Untuk Umat

PILMAPRES 2020: UNIDA Gontor Siap Unggul dan Mengabdi Untuk Umat

Setelah melalui beberapa seleksi pemberkasan dan uji karya tulis dari setiap peserta, Pagi ini Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) kembali melanjutkan tahap seleksi pada agenda Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020 (PILMAPRES 2020) yang di canangkan oleh Kementrian Riset dan Teknolgi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia.

Acara ini merupakan acara tahunan Kemenristekdikti Indonesia yang ditujukan untuk menyaring kandidat-kandidat mahasiswa berprestasi Seluruh Universitas dan Perguruan Tinggi Indonesia yang diharapkan mampu menjadi bagian dari insan unggul, cakap, kreatif, mandiri, inovatif, kompeten dan berbudaya untuk kepentingan bangsa serta dituntut mampu menyelaraskan diri dengan fenomena-fenomena yang terjadi.

Salahsatu mahasiswi kampus putri unjuk kebolehan dalam ajang PILMAPRES

Pada acara tersebut yang diselenggarakan di Gedung Utama Lt.1 UNIDA gontor, ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A (wakil Rektor 3 Universitas Darussalam Gontor) berkesempatan hadir dalam pembukaan acara seleksi terbuka tahap pertama kali ini.

Dalam pidatonya beliau menyampaikan sedikit-banyak harapan dan selamat kepada seluruh peserta Pilmapres 2020 yang hadir. Menurut beliau dengan adanya acara kali ini diharapkan para peserta mampu tampil maksimal dan mengambil pelajaran dari setiap proses yang dilaksanakan.

“pilmapres ini mengajarkan kepada kita untuk memikirkan permasalahan umat yang ada di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya” ungkap Wakil Rektor III Dr. Abdul Hafidz Zaid.

Pesan beliau dalam dalam pidatonya, bahwa menjadi mahasiswa berprestasi di akademik saja tidak cukup namun juga harus dibarengi dengan prestasi-prestasi pendukung lainnya yang tentunya harus memperhatikan sisi kemaslahatan umat.

“sisi IPK saja tidak cukup untuk menjadi baik, tapi ada hal-hal lain yang harus mendukung, dibutuhkan kreatifitas, analisis, inovatif dengan melihat permasalahan umat” ujar Ustadz Hafidz Zaid.

Dalam kesempta itu, Dr. Abdul Hafidz Zaid mengharapkan para peserta memiliki karya-karya yang berkualitas dan layak dipresentasikan. “kami menunggu karya-karya antum yang akan kalian persembahkan di Pilmapres ini”, paparnya.

Salah satu peserta PILMAPRES mempresentasikan karya tulis ilmiah dihadapan dewan juri

Pada seleksi terbuka tahap awal kali ini akan di saring 16 dari 27 peserta yang ada, sehingga akan menghasilkan 1 perwakilan dari masing-masing prodi untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. Pada kali ini peserta bukan hanya berasal dari mahasiswa kampus UNIDA Pusat Siman saja, namun juga berasal dari mahasiswa-mahasiswi kampus putri Mantingan dan Kampus Gontor cabang lainnya.

Melalui pemaparan ustadz Abdullah Muslich Rizal Maulana, M.A (ketua Umum Pilmapres 2020 UNIDA Gontor), seluruh civitas akademika universitas Darussalam siap menyiapkan mahasiswa berprestasi yang unggul dan mampu bersaing dengan Universitas lainnya.

Melalui pengalaman-pengalaman Pilmapres tahun-tahun sebelumnya, Pilmapres kali ini akan melibatkan lebih banyak dosen dan meningkatkan kualitas penilaian dan lebih selektif dalam menilai sensitifitas peserta baik segi kesiapan mental maupun tulisannya secara subjective dan objective. [Ragil Tri Sambodo].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *