Pilmapres 2019, “Ajang Pencarian Mahasiswa Berprestasi”

Pilmapres 2019, “Ajang Pencarian Mahasiswa Berprestasi”

Mantingan-Finalis lima besar mahasiswa berprestasi “Pilmapres” Universitas Darussalam Gontor (Kamis, 28/02/2019). Pilmapres adalah sebuah wadah yang berada dibawah naungan Kemenristekdikti untuk mengapresiasi mahasiswa yang dianggap berprestasi, yang mampu menyeimbangkan antara kehidupan berkuliah, berorganisasi, dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya. Tahun ini Pilmapres mengangkat tema “Sustainable Development Goals” yang diselenggarakan dalam dua kategori Pemilihan Program Sarjana dan Program Diploma.

Universitas Darussalam Gontor sebagai salah satu PTS di Indonesia, ikut andil dalam acara ini dengan mengirimkan mahasiswanya untuk berkompetensi di tahap LLDIKTI. Pilmapres di UNIDA tahun ini telah mengerucut lima besar finalis yang semuanya merupakan mahasiswi Kampus Putri dan UNIDA Kampus Putri ditunjuk menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan seleksi Pilmapres tahap akhir.

    Dr. Hamid Fahmy Zakarsyi, M.A., M.Phil

Selaku dewan juri pada seleksi tahap akhir ini adalah Haris Setyaningrum, S.Si., M.Sc, M. Shohibul Mujtaba, M.Ag, Lutfy Ditya Cahyati, S.P., M.P., Alinda Zakiyatul Fakhiroh, M.Pd. Para dewan juri merupakan dosen Universitas Darussalam Gontor yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, dengan itu maka wawasan multidisiplin akan lebih terasa. Proses presentasi dari peserta finalis dan tanya jawab oleh dewan juri menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswi dan dosen yang ikut menghadirinya.

Seluruh peserta Pilmapres mempresentasikan Karya Ilmiahnya dihadapan rektor, dosen dan  mahasiswa tujuannya adalah untuk melatih mental mereka dan sebagai motivasi bagi mahasiswa lainnya. Dr. Hamid Fahmy Zakarsyi, M.A., M.Phil. sebagai wakil rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa: “seseorang yang berprestasi akan terlihat dari integritas moral, responsibility, memimpin, bersosialisasi, berdiskusi yang berkaitan dengan prodinya kepada prodi lain”.

        Binti Sholhatin sedang mempresentasikan Karya Tulisnya

Para finalis lima besar adalah Nilam Suci Gilang Romadhona Prodi Ekonomi dengan tema “Proyek wisata halal di Kabupaten Ngawi”, Ihda Isma Program Studi Agama Agama dengan tema “Menghindari Konflik Sosial Dengan Solusi CSA (Collegion Social Association)”, Inayah Salsabiela Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir dengan tema “Kebun Kurma dan Sains Al-Qur’an”, Binti Sholihatin Program Studi Farmasi dengan tema “Obat Herbal “Jakupi” Untuk Penyakit Tuberkulosis”, dan Nurly Khalida Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dengan tema “Aplikasi Nata’alam One Slide One Mufrodat Media Pembelajaran Praktis di Era Milenial”. Dan yang keluar sebagai juara adalah Binti Sholihatin Program Studi Farmasi dengan tema Obat Herbal “Jakupi” Untuk Penyakit Tuberkulosis. (Putri/ed. M.Huda)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *