Universitas Darussalam Gontor

Universitas Darussalam Gontor telah melaksanakan Pembukaan Ujian Tengah Semester (UTS) Semester Ganjil 2021/2022. Pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 yang bertempat di Lobby Gedung Utama Lantai 1, Universitas Darussalam Gontor. Acara ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan setiap tahun. Sebelum ujian dimulai, pesan dan nasihat akan disampaikan oleh guru-guru senior untuk memotivasi dan mengingatkan akan pentingnya ujian tersebut.

Pembukaan UTS tahun ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor yaitu Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. Dalam pembukaan ini beliau berpesan, “ujian merupakan sesuatu yang sakral dan penting. Karena itu maka, adanya pembukaan agar nantinya tidak ada yang meremehkannya. Terutama pelanggaran yang paling berat yaitu mencontek”. Dari penjelasan yang disampaikan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ujian merupakan hal yang penting dan sakral. Pelanggaran paling berat adalah mencontek dan ditegaskan, bahwa seseorang yang mencotek, maka dia sudah mempunyai mental koruptor.

Putra salah satu Trimurti Gontor ini berpesan, bahwa seorang mahasiswa harus mencari wawasan ilmu yang luas dan tidak mengeluh tentang materi yang terkadang tidak dipelajari dikelas tetapi diujikan. Karena, pendidikan dibangku sekolah dasar dan sekolah menengah juga seperti itu. Beliau juga mengatakan “All time is learning time”. Dalam kutipan tersebut diterangkan agar tidak mengerjakan tugas secara mendadak dan disiapkan berhari-hari sebelumnya. Panitia ujian tahun ini juga mendapatkan pujian dari beliau karena menamakan panitia tersebut dengan salah satu karya tulisnya yaitu “Misykat”.

Dengan begitu, semangat dari para mahasiswa dan panitia ujian dapat lebih membara. Karena dengan mengikuti salah satu karya beliau, berarti secara tak sadar telah mentransfer ilmu dan semangat ke mahasiswa dan sivitas akademika lainnya untuk lebih Islami di era modernisasi sekarang ini. [Muhyil Daffa]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *