Universitas Darussalam Gontor

Pembukaan Tahun Ajaran Baru 1442-1443/2021-2022 Universitas Darussalam Gontor

UNIDA Gontor – Sabtu, 29 Mei 2021, seluruh sivitas Universitas Darussalam Gontor mengikuti pembukaan tahun ajaran baru 1442-1443/2021-2022. Bertempat di depan Gedung Utama, acara ini dimulai pukul 07.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Abdul Hafidz bin Zaid, Lc., M.A dan ditutup dengan doa bersama.

Dr. Abdul Hafidz Zaid dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas disiplin seluruh sivitas akademika UNIDA Gontor sehingga dapat terselenggaranya upacara ini sesuai jadwal yang telah ditentukan. Beliau menyampaikan memang corona telah merubah tatanan normal kehidupan dunia, namun UNIDA atau Gontor secara umumnya tetap berusaha untuk bertahan dan tidak berubah dengan keadaan apapun. Hal itu ditunjukkan saat tahun ajaran baru dengan tetap terlaksananya upacara pembukaan di UNIDA atau di Gontor dan seluruh cabangnya pada saat ini sedang melaksanakan upacara tahun ajaran baru dan bahkan ujian tulis untuk calon pelajar di Gontor. Maka hal ini perlu disyukuri dan selalu dijaga agar tidak berubah kedepannya.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Abdul Hafidz Zaid juga berpesan untuk bersyukur dan bersungguh-sungguh atas takdir yang Allah tentukan yaitu dapat belajar di UNIDA Gontor ini. Tidak perlu iri dengan yang belajar di timur tengah atau dimanapun itu, Karena Bapak Rektor Prof. Dr Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phil. berpesan “Tempat bukan sesuatu yang penting saat ini” maknanya tempat bukan sebuah faktor utama keberhasilan, namun yang paling penting adalah “kemauan, kemauan, kemauan” (ungkap Dr. Abdul Hafidz Zaid). Diakhir sambutannya sebagaimana yang sering dinasihatkan oleh Bapak Kyai yaitu “Tajdidun Niat” yaitu untuk apa kalian datang dan kembali ke UNIDA ini.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Khoirul Umam, M.Ec. selaku wakil rektor 3 UNIDA Gontor. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dan “ini adalah tradisi gontor, ini adalah tradisi kedisiplinan” ungkap Dr. Khoirul Umam.

Beliau juga menasihatkan sebagaimana nasihat yang disampaikan oleh Bapak Rektor kepada seluruh mahasiswa lama atau baru untuk “Udkhulu fii UNIDA kaafah” beliau mengajak kepada seluruh civitas mahasiswa untuk meninggalkan sesuatu yang tidak penting dan menatap takdir terbaik dengan bersungguh-sungguh dalam menjalani kehidupan di UNIDA.

Pada penghujung acara Dr. Setiawan Bin Lahuri, M.A menyempurnakannya dengan do’a bersama sebagai tanda berakhirnya acara upacara pembukaan tahun akademik semester ganjil 1442/1443 UNIDA Gontor kampus pusat. Semoga UNIDA Gontor terus maju dan dapat menjadi tempat membangun pilar kebangkitan peradaban Islam dimasa mendatang nanti, aamiin. (Krisna Wijaya/ Ed. Wafi)

Hibatul Wafi

Hibatul Wafi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *