Universitas Darussalam Gontor

Pelantikan Rektor Universitas Darussalam Gontor Masa Bakti 2021-2025

UNIDA Gontor – Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor melantik Rektor UNIDA Gontor Masa Bakti 2021-2025 Assoc. Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. serta serah terima jabatan dari Rektor lama Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., kepada rektor baru yang dilaksanakan pada Rabu, 8 Jumadal Ula 1442/23 Desember 2020 di Hall Gedung Utama Universitas Darussalam Gontor.

Pelantikan ini disaksikan oleh segenap Anggota Badan Wakaf, Dosen dan seluruh mahasiswa Universitas Darussalam Gontor.

Sebagaimana yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa penetapan rektor baru UNIDA Gontor adalah hasil keputusan sidang Badan Wakaf yang ke-86 yang berlangsung pada 27-28 November 2020 di Gontor.

Assoc. Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed., M.Phil. ditunjuk menjadi Rektor baru UNIDA Gontor menggantikan Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. yang beberapa waktu sebelumnya diangkat menjadi Pimpinan PMDG.

Sebelum diberi amanah sebagai Rektor, Ustadz Hamid mendapat amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Selain Rektor, dalam acara ini juga dilantik Wakil Rektor Universias Darussalam Gontor. Amanah Wakil Rektor I diberikan kepada Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor II Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. Bidang Administrasi dan Keuangan dan Wakil Rektor III Dr. Khoirul Umam, M.Ec., Bidang Penelitian dan Kerjasama.

Rektor UNIDA Gontor Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi menyampaikan sambutan

Di awal sambutannya, Rektor UNIDA Gontor Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi menegaskan bahwa jabatan rektor di universitas ini bukan jabatan politik. Bukan jabatan yang diperebutkan. Tapi ini adalah amanah berat yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat.

Beliau juga memaparkan obsesi untuk UNIDA Gontor kedepannya. Harapannya, UNIDA Gontor bisa menjadi World Class Islamic University. Universitas Islam yang diakui baik nasional maupun internasional. Pada peringatan 100 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor nanti, diharapkan semua prodi sudah berakreditasi A, dan yang sekarang akreditasi A, bisa terakreditasi secara internasional atau minimal dalam lingkup ASEAN.

Di penghujung sambutan, beliau membacakan jajaran Fungsionaris Universitas Darussalam Gontor. Beliau berharap, semua pihak yang terlibat di kampus tercinta ini bisa berjuang bersama secara ikhlas menggapai mimpi Trimurti mendirikan Universitas yang bermutu tinggi dan berarti besar.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Presiden UNIDA Gontor al-Ustadz KH. Hasan Abdullah Sahal. “UNIDA Gontor harus punya identitas diri. Kalo nggak, tidak usah berdiri saja!” begitu statemen beliau. Artinya, UNIDA Gontor harus memegang teguh prinsip dan nilai Gontor yang sudah tertanam sejak dulu. Tidak terombang-ambing arus yang berlawanan dengan Islam.

(Ahmad Kali Akbar)

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *