Universitas Darussalam Gontor

NEW SERIES 2 OF TBI: OPTIMALKAN KEPAKARAN DENGAN PANGGUNG AKADEMIK

NEW SERIES 2 OF TBI: OPTIMALKAN KEPAKARAN DENGAN PANGGUNG AKADEMIK

UNIDA Gontor-Setelah sukses menyelenggarakan National English Webinar Series 1 dengan tema Trends in English Language Teaching Methodology, kali ini program Program studi Tadris Bahasa Inggris menyelenggarakan National English Webinar Series 2 yang bertemakan Trends in English Linguistics Methodology.

Welcoming speech disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah yaitu Al-Ustadz Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat memberikan kontribusi positif khususnya bagi para dosen Tadris Bahasa Inggris dalam mengoptimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beliau juga sangat mengapresiasi para peserta webinar yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga berasal dari luar negeri salah satunya yakni Filipina.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Keynote Speaker yaitu Prof. Dr. Djatmika, M.A. dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Beliau menjelaskan tentang berbagai macam cabang keilmuan dari Linguistics, seperti Phonology, Morphology, dsb, disertai dengan penjelasan berbagai materi yang berkaitan dengan tren bidang Linguistics. Para peserta webinar terlihat sangat antusias mengikuti penjelasan Prof. Dr. Djatmika, M.A. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada beliay dalam kolom percakapan.

Setelah 45 menit berlalu, pemaparan materi berganti dengan penjelasan dari Invited Speaker yaitu Dr. (cand.) Muhammad Yunus Anis, M.A yang juga merupakan dosen di Universitas Sebelas Maret Surakrta. Tidak terlepas dari bidang Linguistics, beliau menyampaikan materi tentang pengoptimalan penggunaan sumber belajar elektronik. Beliau menjelaskan tentang berbagai macam sumber belajar elektronik dan juga kiat-kiat untuk menulis dalam bidang akademik. Translation studies adalah kepakaran dari beliau.

Selanjutnya, penyampaian materi dari para dosen TBI sebagai Parallel Speakers yang terdiri dari Ustadzah Ulfatun Wahidatun Nisa, M.A., Ustadzah Dinar Dipta, M.Pd, Ustadz Mochamad Nuruz Zaman, M.Li, dan Ustadz Luthfi Muhyiddin, M.A. Masing-masing pemateri memaparkan materi yang berkaitan erat dengan bidang Linguistics, seperti Codeswitching, Corpus Linguistics, and Language Islamization.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dengan para peserta webinar dengan para pemateri. (Nuruzzaman/Bekti Galih)

Bekti Galih

Bekti Galih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *