Universitas Darussalam Gontor

National English Webinar: English Language Teaching Series I

webinar TBI

Tadris Bahasa Inggris TBI UNIDA Gontor mengadakan webinar nasional untuk pertama kalinya pada hari kamis (20-2-2021). Acara dimulai pukul 09.00 dan dimoderatori oleh Ustadzah Dinar Dipta. Acara dilaksanakan di ruangan multimedia lantai 3 gedung terpadu UNIDA Gontor. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur-an oleh Farid Taufiq Nugraha mahasiswa TBI. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Oh Pondokku.
Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. Beliau memaparkan bahwa bahasa Inggris adalah dasar yang ada di Gontor. Kemudian beliau juga menekankan bahwa di Gontor, metode lebih bagus daripada materi, guru lebih bagus daripada metode, dan guru yang bersemangat adalah guru yang paling baik.

Dekan Fakultas Tarbiyah membuka acara Webinar

Setelah sambutan dari Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah, dilanjutkan dengan pemaparan dari keynote speaker Dr. Hartono, M.Pd. Beliau merupakan dosen dari Universitas Muhammadiyah Malang. Beliau menyajikan beberapa trend pembelajaran Bahasa Inggris masa kini. Selanjutnya beliau menekankan bahwa guru mempunyai peran penting di era pandemi. Trend dalam pembelajaran sekarang meliputi: 1. Mengarahkan pembelajaran ke smartphone/tablet., 2. Membuat peserta didik nyaman dengan aplikasi digitial., 3. Mengarahkan mahasiswa untuk menggunakan website pembelajaran bahasa Inggris.
Dalam kesempatan yang sama, webinar ini juga menghadirkan invited speaker yaitu Al-Ustadz Abdul Hakim, M.TESOL. dari Nurul Hakim Islamic Boarding School, Lombok NTB. Beliau membagi metodologi pembelajaran menjadi tiga, yaitu lampau, sekarang, dan akan datang. Metode pembelajaran lampau meliputo: Grammar Translation Method, Audiolingual Method, Task Based Instruction, dan Comunicative Language, Teaching (CLT). Metode pembelajaran sekarang merupakan metode yang inovatif. Sedangkan metode pembelajaran yang akan datang pembelajarannya harus disesuaikan dengan karakteristik kelas itu sendiri.
Setelah pemaparan dari keynote speaker dan invited speaker, acara dilanjutkan dengan presentasi paralel oleh Ustadzah Nurahma Sutisna Putri, M.Pd., Ustadzah Diska Fatima Virgiyanti, M.Pd., Ustadzah Eka Indah Nuraini, M.Pd. dan Ustadz Ahmad kali Akbar, M.Pd. Inti dari presentasi paralel tersebut adalah hasil penelitian yang meliputi pembelajaran Bahasa Inggris dari berbagai skill (Listening dan reading) dan komponen bahasa (Grammar). Dalam kesempatan yang sama Ustadz Ahmad Kali Akbar, M.Pd. menjelaskan terkait dengan sistem pembelajaran bahasa Inggris di Gontor menggunakan direct method yaitu pembelajaran secara natural. Pembelajaran bahasa Inggris di Gontor dilakukan dengan praktek berbicara bahasa Inggris secara langsung. Di akhir sesi beliau menjelaskan bahwa pengaruh yang kuat di Gontor adalah bahasanya yaitu bahasa Arab dan Inggris. Kemudian di akhir acara di tutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustadz Dian Nasrul Munif, M.Pd.
Dari webinar tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai media untuk memfasilitasi dosen untuk berbagi ide atau gagasan tentang trend pembelajaran guna mewujudkan visi TBI: menjadi pusat pengembangan metodologi di tahun 2024.
(Bekti Galih Kurniawan)

Bekti Galih

Bekti Galih

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *