Universitas Darussalam Gontor

kemuliaan berilmu

Mencari ilmu merupakan pekerjaan yang tak kalah mulianya dibandingkan pekerjaan lain. Ada banyak hadist yang menjelaskan tentang kemuliaan menuntut ilmu.

Salah satunya adalah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim dan disahihkan oleh beliau berdasarkan syarat Syaikhoyni (Al-Bukhari dan Muslim) yang artinya “keutamaan ilmu lebih aku cintai daripada keutamaan ibadah dan sebaik-baiknya agama kalian adalah waro` “

Dalam khutbahnya, beliau menyertakan sebuah kisah nyata dari seorang ulama di daerah Damaskus yang bernama syaikh Abdurrazaq Al-huffar. Beliau adalah salah satu ulama yang mengabdikan dirinya untuk menuntut ilmu setelah menyaksikan sendiri keesaan Allah SWT.

Menurut alkisah, Syaikh Abdurrazaq Al-huffar melihat ada seseorang yang membawa jenazah orang yang akan dimakamkan terbang ke langit dan keadaan beliau saat itu sedang pingsan. Hal ini membuat beliau terheran sampai terulang kejadian ini untuk kedua kalinya.

Guna mencari tahu apakah yang beliau lihat ini dengan kaitannya tentang amalan yang diperbuat oleh jenazah tersebut, maka beliau memutuskan untuk menanyakan kepada keluarganya. Didatangilah ibu jenazah tersebu untuk dimintai rahasia yang membuat jenazah keluarga ibu tersebut atau anak dari ibu tersebut sehingga dibawa ke langit oleh seseorang.

Ibu tersebut menjawab bahwasannya jenazah pertama adalah anak pertamanya yang mengabdikan dirinya untuk ilmu. Jenazah kedua juga anaknya, namun anak keduanya bukan menuntut ilmu, tapi bekerja keras membiayai kakaknya  atau anak pertama untuk dapat menuntut ilmu.

Dari kisah tersebut, Al-ustadz Hamid Fahmy Zarkasyi mengkorelasikannya dengan kebaikan yang bisa dilakukan mahasiswa UNIDA Gontor, yaitu menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh dan berinfaq, sedekah dan wakaf untuk kemaslahatan umat.

“Apabila seseorang penuh dengan ilmu pengetahuan maka fikiran dan perbuatannya akan mulia serta jauh dari kemaksiatan” ujar Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed,.M.Phil dalam acara mimbar rektor pada Jum’at, 26 Februari 2021 setelah pelaksanaan ibadah shalat Jum’at dihadapan mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Dari nasehat tersebut diharapkan mampu memotivasi para mahasiswa untuk lebih giat dan konsisten dalam menuntut ilmu dan menyeimbangi ilmu yang didapat dengan menjauhi maksiat. Semoga Allah SWT selalu melindungi para penuntut ilmu dan memudahkan segala urusannya serta ditunjukkan jalan menuju surganya, Aamiin. (Red. Karumiadri/Ed. Adrian Rizky Pratama)

Adrian

Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *