Universitas Darussalam Gontor

Jum’at, 3 September 2021 – Rektor Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) antara UNIDA Gontor dengan Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP). Acara yang berlangsung via Zoom Meeting ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Penelitian, Pengabdian, dan Alumni, Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec.; dosen penghubung antara UNIDA Gontor dengan AIMEP, Al-Ustadz  Syahruddin, M.Sc.Fin. dan Kepala Biro Kerjasama Alumni dan Urusan Internasional, Al-Ustadz Yoke Suryadarma, M.Pd.I. serta beberapa staf dari Bagian Kerjasama UNIDA Gontor. Adapun dari pihak AIMEP turut hadir Rowan Gould selaku Direktur AIMEP.

Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil. Beliau menjelaskan tentang pengalaman ketika di Australia tahun 2012 dan melihat adanya potensi yang sangat bagus jika antara pihak Australia dengan Indonesia mengadakan program kerjasama dalam turut mengembangkan Islam, khususnya bagi muslim Australia. Harapan Prof. Hamid kedepan dengan adanya AIMEP ini supaya ada mahasiswa/i atau pelajar dari Australia yang datang ke UNIDA Gontor untuk belajar dan tinggal dalam beberapa waktu.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Direktur AIMEP, Rowan Gould yang mengatakan kesempatan acara ini sebagai “a lot of potential”. Rowan menyebutkan beberapa feedback dari peserta AIMEP Australia bahwa kerjasama dengan UNIDA Gontor menjadikan sesuatu yang disoroti. Rowan juga menjelaskan tujuan AIMEP adalah untuk meningkatkan Islam Australia. Serta, menjadikan profil Indonesia sebagai pilihan dan opsi pertama bagi mereka untuk pembelajaran Islam dalam konteks kehidupan di Australia.

Acara ditutup dengan sesi perfotoan antara pihak UNIDA Gontor dengan Direktur AIMEP, serta menunjukkan lembar MoU yang sudah ditandatangani. [Zukhruffi Izza/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *