Universitas Darussalam Gontor

Monitoring dan evaluasi program kreativitas mahasiswa Hibah internal 2021

PKM

UNIDA Gontor – Senin, 1 Maret 2021 LPPM dan Dema Kreativitas mengadakan acara monitoring dan evaluasi program kreativitas mahasiswa (PKM) internal dari kalangan mahasiswa. Acara ini bertujuan untuk melatih kreativitas mahasiswa dalam lingkup antar prodi di lingkungan UNIDA Gontor kampus Siman.

Acara yang dimulai pukul 10.00 diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, setelah itu sambutan dari wakil LPPM Al Ustadz Dr.Ihwan Mahmudi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa peserta PKM internal yang lolos akan di ikut sertakan ke tingkat Nasional hingga Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional). Program kreativitas ini terdiri dari: 1. Kewirausahaan., 2. Karya Cipta., dan 3. Gagasan Futuristik Konstruktif.

Pada kesempatan yang sama beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tugas mahasiswa selain pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Program kreativitas ini masuk dalam ranah penelitian dan diharapkan dapat membuat mahasiswa semakin aktif dan kreatif.

presentasi PKM mahasiswa

Dalam acara ini tiap tim diberi waktu 10 untuk mempresentasikan hasil PKMnya, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan reviwer selama 5 menit. Ada tiga reviewer dalam monev internal ini, yaitu Ustadzah Niken Sylvia Puspitasari, M.Si dari prodi IQT, Ustadzah Niken Trisnaningrum, S.P., M.Si dari prodi Agro, dan Ustadzah Rila Setyaningsih, S.Kom,I.,M.S.I. dari prodi Ilkom. Jumlah mahasiswa yang mengajukan makalah PKM ada 50 kelompok, sedangkan yang diterima ke dalam tahap reviewer ada 26 makalah dimana yang lolos PKM adalah dari prodi sebagai berikut: IQT:6, TBI:4, PBA:2, Manajemen:2, EI:2, Ilkom:2, KKK: 2, TI:1, Agro:2, TIP:4.

Diakhir acara terdapat tiga penilaian yaitu penilaian: 1. Stand bazar terfavorit diraih oleh tim “koro” dari prodi IQT. Suporter terfavorit dimenangkan oleh prodi TBI. 3. Presentasi Terfavorit dimenangkan oleh “Chiwilk” dari prodi manajemen. Untuk pengumuman PKM yang lolos InsyaAllah akan diumumkan pada tanggal 17 Maret 2021.(Nuruzaman/Bekti Galih)

Bekti Galih

Bekti Galih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *