Universitas Darussalam Gontor

Mengenal Lebih Dekat, 902 Siswa Akhir KMI Kunjungi UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Sosialisasi Universitas Darussalam Gontor kepada siswa akhir KMI Gontor pada tahun ini ada yang berbeda. Biasanya hanya sebatas keliling kampus dan sedikit pengenalan dari sekretaris rektor atau Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), namun pada kali ini, UNIDA Gontor mengerahkan berbagai pihak untuk menyukseskan program ini.

Tepat pukul 07.00 WIB sebanyak 902 siswa akhir KMI Gontor sudah tiba di kampus UNIDA Gontor (Jumát, 21 Rajab 1442/5 Maret 2021). Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dibantu oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) mengarahkan serta mengajak mereka berkeliling kampus. Mulai dari masjid, gedung CIOS, UNIDA Inn, Program Kaderisasi Ulama (PKU), gedung CIES, perumahan dosen, gedung utama UNIDA Gontor, gedung Sirah Nabawiyyah. gedung pascasarjana, kantin U3, sampai asrama mahasiswa.

Satu persatu diperkenalkan dengan sangat jelas dan rinci. Di setiap gedung, setiap program studi yang ada di UNIDA Gontor sudah siap dengan standnya masing-masing. Stand prodi ini upaya pengenalan lebih dekat tentang prodi yang akan dipilih oleh siswa akhir KMI kelak. Apa visi misinya, kegiatannya, keorganisasiannya hingga jurnal prodi ditunjukkan di stand tersebut.

Pukul 08.30 WIB, seluruh siswa akhir KMI duduk rapi di hall lantai 4 gedung utama dan sebagiannya di lobi lantai 1. Video profil UNIDA Gontor dan video iklan inspiratif karya mahasiswa diputar sebelum dimulai.

Rektor UNIDA Gontor dan wakil rektor beserta seluruh dekan fakultas sudah hadir lengkap di atas panggung. Al-Ustadz M. Faqih Nidzom, M.Ag., dosen sekaligus mahasiswa doktoral UNIDA Gontor, dengan khidmat memandu Program Sosialisasi UNIDA Gontor Kepada Siswa Kelas 6 KMI.

Bapak Rektor, Al-Ustadz Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil, mengawali sambutannya dengan menyampaikan berbagai prestasi Universitas Darussalam Gontor dalam kancah lokal, nasional dan internasional. Beliau juga menekankan bahwa UNIDA Gontor adalah salah satu cita-cita Trimurti dan merupakan kelanjutan dari KMI Gontor. Sistem yang sudah ada di UNIDA Gontor adalah solusi yang tepat untuk permasalahan yang tengah dihadapai di Indonesia bahkan dunia.

Salah satu sistem unik yang dimiliki UNIDA Gontor adalah kegiatan mahasiswa yang formal dan non-formal akan tercatat rapi dan menjadi penilaian untuk lulus ke jenjang semester selanjutnya. Sehingga, pada acara wisuda nanti, mahasiswa terbaik adalah dia yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik secara seimbang.

Wakil Rektor UNIDA Gontor al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A., al-Ustadz Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. dan al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec. turut menyampaikan sambutan hangat untuk seluruh siswa akhir KMI Gontor.

Setelah itu, seluruh Bapak Dekan Fakultas juga menyampaikan profil, visi-misi dan tujuan fakultas dan program studinya masing-masing. Agar lebih menarik, diputarkan video prodi masing-masing sebelum beliau berbicara. Acara sosialisasi berjalan lancar hingga usai sekitar menjelang waktu shalat ashar.

Untuk menambah keharmonisan, pada sore hari diadakan pertandingan kekeluargaan di bidang olahraga; sepak bola, takraw, basket, badminton dan futsal. Tim UNIDA Gontor vs Tim Siswa Akhir KMI. Meski belum resmi menjadi mahasiswa, biarlah mereka menikmati indahnya lapangan olahraga di UNIDA Gontor The Fountain of Wisdom. [Au. Ahmad Kali Akbar/Ed. M. Taufiq Affandi & Tony Ilham Prayogo]

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *