Menanam sayuran di rumah dalam waktu singkat; panen setiap pekan

Menanam sayuran di rumah dalam waktu singkat; panen setiap pekan

Ada banyak keuntungan dari menanam sayuran di rumah kita. Selain membiasakan diri untuk hidup mandiri, menanam sendiri juga dapat membuat kita lebih menghargai karunia dan nikmat yang Allah berikan kepada kita. Bagaimana kita tidak bersyukur, betapa sebuah benih kecil yang kita tanam dan kita rawat dapat tumbuh menjadi sesuatu yang dapat menyehatkan dan menguatkan badan kita.

Selain itu, menanam sayuran sendiri adalah aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga. Hal tersebut dapat menjadi sarana pendidikan yang baik bagi anak-anak serta menjadi sarana untuk menumbuhkan waktu kebersamaan yang berkualitas bagi keluarga. Ditambah lagi, menanam sayuran di rumah sendiri merupakan sebuah langkah baik bagi ketahanan pangan.

Menanam sayuran di rumah dalam waktu singkat

Jika ingin menanam sayur dan menikmati hasilnya dalam waktu singkat, pilihan yang paling tepat adalah menanam taoge atau kecambah. Kecambah hanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk dapat dipanen.

Selain toge, sawi juga termasuk memiliki usia tanam yang singkat. Dalam 45 hari sawi sudah dapat dipanen.

Proses penanaman kedua sayuran di atas juga cukup mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup sediakan polybag dengan media tanam tanah, maka benih sudah bisa ditanam. Untuk hasil yang lebih baik, tanah tersebut baiknya dicampur dengan kompos dengan komposisi 1 banding 1.

Perawatan mudah

Dua sayuran di atas juga cukup mudah dirawat. Cukup tanam, siram, pupuk, dan rawat. Namun yang perlu diantisipasi adalah hama belalang.

Kelebihan lainnya dari dua jenis sayuran di atas adalah, dia dapat tumbuh pada musim apa saja, baik musim hujan dan kemarau. Yang perlu diperhatikan adalah, pada musim hujan biasanya rentan penyakit layu. Maka hal tersebut perlu diantisipasi dengan mengatur penyiraman agar tidak terlalu basah. Adapun untuk musim kemarau, yang diperlukan adalah menjaga kelembaban agar jangan sampai kering.

Memanen setiap pekan

Agar masa panen dapat dilakukan secara bertahap, dan agar kita dapat memanen setiap pekan, maka kita perlu mengatur waktu tanam. Tahap pertama ditanam pada hari pertama, lalu tahap kedua kita tanam sepekan setelahnya. Dengan strategi seperti ini, maka setiap pekan kita dapat memanennya.

Media tanam yang tanamannya telah kita panen, bisa kita gunakan untuk menanam lagi.

Jenis sayuran lainnya

Masih banyak jenis sayuran lainnya yang bisa ditanam dalam waktu relatif singkat. Contohnya bayam dan kangkung. Ingin tahu lebih banyak tentang dua tanaman ini, nantikan tulisan berikutnya.

Siap Menanam sayuran di rumah sendiri?

Nah, sudah siap untuk menanam sayuran di rumah sendiri? Ayo kita praktekkan.

Muhammad / Dosen Prodi Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor

Editor: M. Taufiq Affandi

Artikel Terkait Menanam Sayuran di Rumah:

Prodi Agroteknologi Galakkan Program Pembibitan Tanaman

Prodi Agroteknologi: Merancang Sustainable Agriculture

5 Hal yang Harus Diperhatikan agar Sukes Usahatani

Dosen Agrotechnology UNIDA Mengikuti International Course di Belanda

Dosen Agrotek UNIDA Gontor Hadiri Seminar Nasional dan Lokakarya FKPTPI di Banjar

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *