Universitas Darussalam Gontor

Lolos PKM-AI, Zildjian: “Tidak Ada Kata Terlambat untuk Berprestasi”

Tahun ini, salah satu tim PKM dari Universitas Darussalam Gontor lolos seleksi pendanaan insentif Program Kreativitas Mahasiswa – Artikel Ilmiah (PKM-AI) tahun 2021. Tim ini diketuai oleh Zildjian Aditya Muda, mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Fakultas Syariah. Ia menulis artikel berjudul “Implementasi Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 57/DSN-MUI/2007 pada Akad Kafalah pada Pembiayaan Bank Garansi di Lembaga Keuangan Syariah”. Dalam mengikuti PKM-AI ini, Zildjian bersama dua rekannya, yaitu Qhomsin Alkhudri dan Saefudin, mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dengan dibawah bimbingan Al-Ustadz Annas Syams Rizal Fahmi, S.E.I., M.E.

Artikel ini membahas tentang keterkaitan antara praktik Lembaga Keuangan Syariah dalam keberlangsungan praktik akad kafalah bil ujrah. Hal ini sering dilakukan oleh lembaga keuangan syariah karena produk bank garansi pada umumnya menggunakan akad kafalah bil ujrah. Dimana jaminan diberikan oleh penanggung (kafil) kepada pihak ketiga yang memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung. Dalam pengertian lain, kafalah juga berarti mengalihkan tanggung jawab seseorang yang dijamin dengan berpegang pada tanggungjawab orang lain sebagai penjamin. Hal ini diperjelas dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 57/DSN-MUI/2007 pada Akad Kafalah Terhadap Pembiayaan Bank Garansi di Lembaga Keuangan Syariah serta kebolehan dalam melakukan transaksi tersebut.

“Saya mulai menggemari kegiatan penulisan dan aktivitas penelitian sejak semester 6 kemarin. Kalau dibilang terlambat ya bisa dibilang terlambat. Akan tetapi, mungkin tidak ada kata terlambat bagi manusia dalam menuntut ilmu,” demikian kata Zildjian dalam wawancara eksklusif yang kami adakan. Dalam wawancara tersebut, ia mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa menorehkan prestasi di PKM tahun ini. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas bimbingan dari dosen-dosen, serta support dari teman-temannya di Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. “Harapan saya, kedepannya bisa lebih berkontribusi lagi dalam semua kegiatan, serta bisa mengajak teman-teman mahasiswa untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada dikampus,” demikian harapan yang ia sampaikan. [Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

University of Darussalam Gontor.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *