Universitas Darussalam Gontor

Language Camp, Inovasi Baru Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

UNIDA Gontor Kampus Putri – Gontor, sejak awal berdirinya telah menerapkan Bilingual Language dalam kurikulum pendidikannya baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Dan dengan ini pula, ia mampu menghasilkan ulama yang intelek dengan kecakapan berbahasa asingnya.

Berangkat dari semangat untuk terus mendalami kedua bahasa yang mampu menguasai dunia tersebut, Pusat Bahasa UNIDA Gontor Kampus Putri mengadakan camp pelatihan bahasa yang akrab disebut Language Camp. Bagian Bahasa DEMA, zona IELTS dan TOAFL bertanggungjawab atas acara ini yang diketuai oleh Masnunatus Silfiawati (PBA/6) dan Zulfa Karima (HI/4). Acara yang berlangsung pada 3-5 Januari 2021 ini bertema “Conquer The World By Your Language”. Acara dibuka oleh Ketua Staf Markaz UNIDA Kampus Putri, Al-Ustadz Andi Triawan, M. A.

Diikuti 46 peserta, Language Camp terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Arabic Camp dengan 24 peserta yang di-training oleh Al-Ustadz Khoirul Fata, Lc., M.A., dan, English Camp, dilatih langsung oleh Al-Ustadz M. Taufiq Affandi, M.Sc. Kedua pembicara adalah dosen Universitas Darussalam Gontor lulusan luar negeri dan merupakan pakar di bidang bahasa, khusunya Bahasa Arab dan Inggris.

Untuk mengetahui kemampuan dasar para peserta, Acara Language Camp ini diawali dengan Pre-Test sehingga setelah selesainya pelatihan, panitia dapat menilai seberapa besar peningkatan dan feedback yang didapatkan para peserta. Acara ini terbagi menjadi 8 sesi yang dilaksanakan pada pagi, siang, dan sore. Sedangkan pada malam hari, diisi dengan diskusi serta kajian tips-tips berbahasa. Walaupun program yang diadakan cukup padat, namun itu semua tak menyurutkan semangat para peserta, karena acara ini bisa menjadi batu loncatan untuk mewujudkan cita-cita studi keluar negeri.

Al-Ustadz Nur Hadi Ihsan, MIRKH, Selaku Dekan Kampus Putri yang juga memberi sambutan pada acara penutupan Language Camp, menyampaikan bahwa beliau sangat bangga dengan terlaksananya kegiatan ini. Apalagi kesan yang disampaikan oleh Al-Ustadz Muhammad Wahyudi, M.Pd yang sekarang menjadi Direktur Pusat Bahasa UNIDA Gontor, “Kampus Mantingan selalu menjadi yang pertama untuk urusan kebaikan.” Karena itu, beliau berharap agar acara ini terus berlanjut sehingga memberikan manfaat yang nyata pada kegiatan berbahasa di Gontor khususnya UNIDA. (Au. Salsabila Eka, PBA 4/Ed. Ria Fauziah Salma/Riza Nurlaila)

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *