Ustadz Abdul Somad

PONOROGO – Ustadz Abdul Somad berpesan, bahwa Islam adalah agama yang tidak memberikan batasan dalam menuntut ilmu. Beliau menyampaikan bahwa agama Islam adalah agama yang pertama kali mempunyai spesialisasi dalam awal dunia ilmiah. Maksudnya, Islam adalah agama yang mengutamakan ilmu. Islam mengangkat derajat siapa saja orang-orang yang berilmu dan menuntut ilmu.

Namun, tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang mengetahui segalanya. Menurut beliau, manusia yang mengetahui segala sesuatu itu salah dan tidak ada. Karena, hanya Allah semata yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu.

“Uthlubi–l ‘ilma mina-l mahdi ila–l lahdi”. Jenjang pendidikan tidak bisa membatasi seseorang untuk menuntut ilmu. Umur tidak membatasi apabila ia mau melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Da’i yang akrab disapa dengan sebutan UAS ini bercerita tentang Kisah Imam Nawawi. Beliau adalah salah satu golongan al-‘Ulama al-‘Uzza, yaitu ulama yang tidak menikah. Hal tersebut tentu sepadan dengan kecintaan beliau kepada ilmu. Seumur hidup, beliau habiskan untuk menuntut ilmu dan menulis karya. Beliau tetap menulis karya walaupun banyak kekurangan dan batasan yang selalu menghalangi. Imam Nawawi menulis karya dengan menggunakan pena bulu hingga tertidur. Kemudian, ketika terbangun beliau melanjutkan penulisan karyanya.

Pada zaman yang dipenuhi dengan teknologi ini, manusia bersandar kepada suatu benda hingga membuatnya terlupa dengan hal yang penting. Padahal, teknologi hanyalah suatu sarana untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Teknologi bukan untuk mendapatkan apapun yang diinginkan dengan spontan dan praktis.

UAS menutup pidatonya dengan sebuah pesan, “kita semua sedang berproses. Tidak ada yang spontan. Semuanya mengikuti proses. Buatlah proses yang baik, hingga bisa bermanfaat untuk orang lain. [Muhyil Daffa Fauzan/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Baca juga tentang Ustadz Abdul Somad:

Berikut Pendapat Kiai Gontor Tentang Ustadz Abdul Somad

Kuliah Umum, Ustadz Abdul Somad: Peradaban Akan Maju Apabila Memiliki Empat Unsur Berikut!

Meretas “Atmosphere” Ruwaq Al-Azhar di Kampus Pesantren Darussalam Gontor

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *