UNIDA Gontor Terima Bantuan Penelitian dari DIKTIS Tahun 2022

Bantuan Penelitian DIKTIS

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) (9/21) telah membuka Program Bantuan Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran pada Perguruan Tinggi keagamaan Islam Tahun Anggaran 2022. Kesempatan ini digunakan oleh beberapa dosen Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) yang tidak lain untuk meningkatkan mutu akademik universitas. Seluruh peserta melewati tahap pendaftaran hingga tahap presentasi di depan reviewer mulai pada bulan September 2021 hingga November 2021.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, pada hari Selasa (20/1/2022) DIKTIS melalui laman resminya mengumumkan Nomine Terpilih Penerima Bantuan Penelitian Berbasis SBK dan Bantuan Litapdimas Satker Diktis Tahun Anggaran 2022. Diantara beberapa peserta yang lolos adalah tim peneliti dari dosen UNIDA Gontor yang diketuai langsung oleh Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. bersama anggota timnya Dr. Rahmad Hakim M.MA. yang merupakan dosen Universitas Muhammadiyah Malang dan Martini Dwi Pusparini S.H.I., M.S.I., dosen dari Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta dengan jenis penelitian Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh tim Dr. Setiawan bin Lahuri tersebut mengusung tema Pengembangan Lembaga Zakat dan Wakaf Sebagai Islamic Social Enterprise di Jawa Timur. Dalam penelitian tersebut tim peneliti akan menyusun sebuah model dan strategi pengembangan Islamic Social Enterprise melalui Lembaga Zakat dan Wakaf. Sehingga, tim peneliti dalam skema penelitiannya diharapkan mampu mewujudkan peran lembaga zakat dan wakaf melalui fungsinya sebagai inisiator Islamic Social Enterprise khususnya di wilayah Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada beberapa Lembaga Zakat dan Wakaf di Jawa Timur. Yaitu, Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya, LAZ Sidogiri dan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Dengan adanya partisipasi dosen UNIDA Gontor pada penelitian bantuan Litapdimas DIKTIS Kemenag RI tersebut, diharapkan menguatkan kerjasama antar perguruan tinggi dalam memberikan manfaat akademik dan perkembangan keilmuan secara umum. [Zukhrufi Izza Ramadhan/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *