STAH Shantika Dharma

PONOROGOSekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Shantika Dharma, Malang mengadakan kunjungan studi akademik ke Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Kunjungan diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 November 2021 di Ruang Rapat Senat UNIDA Gontor. Wakil Rektor III Bidang Kerjasama, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Alumni, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. menyambut dengan hangat rombongan STAH Shantika Dharma.

Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara STAH Shantika Dharma dengan Program Studi (Prodi) Studi Agama-agama (SAA), Fakultas Ushuluddin, UNIDA Gontor. Kedua belah pihak menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) pada momen ini. Selain itu, agenda ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang agama-agama antara keduanya.

Dr. I Ketut Sudiartha, M.Pd.H., Pimpinan STAH Shantika Dharma, menyampaikan rasa terkesannya kepada UNIDA Gontor. Banyak hal yang perlu dipelajari dari Pondok Modern Darussalam Gontor dan UNIDA Gontor. Terutama interaksi kemasyarakatan dan kultur budayanya.

Pada pertemuan ini, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. menyampaikan tentang pendidikan di Gontor. “Ada filosofi pendidikan yang menarik di Gontor, yaitu, ‘Metode lebih penting dari pada materi, guru lebih penting dari metode, dan ruhnya guru itu lebih penting dari guru itu sendiri’,” ungkap beliau. Pendidikan utama di Gontor ialah bagaimana mencetak santri agar mempunyai jiwa-jiwa seorang guru. Bukan hanya itu, Gontor juga mengajarkan kebersamaan untuk menyatukan perbedaan dari berbagai suku, adat, dan juga bahasa. Selanjutnya, Dr. Umam juga menjelaskan salah satu dari 4 Sintesa Pondok Gontor, yaitu Santiniketan. Santiniketan melambangkan nilai perdamaian dan kesederhanaan. [Mohammad Nurwahyudi/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *