Prodi Manajemen, Cetak Generasi Unggul dengan “Grounded Strategy for Scaling-Up”

Prodi Manajemen

20 November 2021 – Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) mengadakan seminar pelatihan dan coaching. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Manajemen. Selain itu, para dosen Prodi Manajemen juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Seminar ini bertema, “How to be World Class Leader: Grounded Strategy for Scaling Up” yang diadakan di Hall Multimedia Lantai 3 UNIDA Gontor. Tujuan seminar ini ialah untuk meningkatkan dan mencetak generasi unggul di masa yang akan datang. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Al-Ustadz Fajar Surya Ari Anggara S.TP., M.M., Kepala Prodi Manajemen.

Dr. Imam Muhajirin Elfahmi S.Pd., S.H. M.M. hadir sebagai pemateri. Beliau adalah Coach Profesional yang telah memperoleh banyak penghargaan, diantaranya ialah The First Indonesian International Total Leaders Coach Certified, from LMI – J, Meyer, Texas, USA.

Pada momen mahal ini, beliau memberikan tips dan trik untuk menghadapi kerasnya dunia kerja; berbagai cara menjadikan sebuah perusahaan yang sebelumnya mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, hingga menjadi perusahaan besar.

Pemateri juga menjelaskan tentang pengertian Scale-Up. Beliau menjelaskan Scale-Up adalah suatu proses pembuatan suatu perusahaan kecil menjadi lebih besar. Mempunyai suatu sistem yang lebih mapan dan tentunya mampu menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Beliau memaparkan ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin mempunyai perusahaan berbasis Scale-Up yaitu :

Increasing Capability

Peningakatan yang dimaksud adalah penambahan keterampilan dan kemampuan agar menjadi lebih baik. Dengan meningkatnya keterampilan dan kemampuan individu atau perusahaan akan meningkatkan produktifitas. Selain itu, peningkatan di sini juga berarti bertambahnya pencapaian dalam proses, ukuran, sifat, hubungan dan sebagainya.

Exploiting Network

Dengan memanfaatkan jaringan yang kita miliki dengan sebaik mungkin, akan memudahkan perusahaan berkembang, meningkatkan produksi, dan menambah relasi yang akan berguna untuk perusahaan kedepannya.

Harnesing Resources

Sumber daya manusia (SDM) meruapakan salah satu aspek terpenting dalam perusahaan yang harus dibina dan dilatih sedemikian rupa guna meningkatkan produktifitas peruasahaan. Dengan adanya SDM yang berkualitas dan berkompetensi tinggi akan mendukung proses Scale-Up perusahaan.

Train Hardest the People

Manusia berbeda dengan mesin yang apabila telah diisi dengan suatu program tertentu akan berjalan tanpa adanya kendala apapun lagi. Manusia yang lebih membutuhkan kedisiplinan dalam pelatihan dan konsistensi pengawasan. Manager perusahaan dituntut untuk menemukan sebuah sistem pelatihan yang cerdas dan efisien guna melatih SDM agar Scale-Up perusahaan berjalan dengan lancar.

Radical Performance

Sebuah hasil yang besar membutuhkan usaha yang besar. Hal ini juga berlaku dalam proses berbisnis. Semakin banyak waktu dan usaha yang kamu curahkan untuk perkembangan perusahaan, maka, itu juga yang akan kamu raih pada esok harinya.

“Ada satu nasihat Trimurti Pendiri Gontor yang memacu semangat kami untuk selalu bekerja keras dalam menghadapi segala tuntutan bisnis dan agama hingga sekarang. Yaitu, ‘Sebesar Keinsyafanmu Sebesar itu pula Keberuntunganmu’,” ujar Coach Fahmi. [Mohammad Nurwahyudi/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *