Berikut 2 Pesan Penting Rektor UNIDA Gontor pada Pembukaan UAS Genap 1443/2022

UNIDA Gontor – Senin, 11 Sya’ban 1443/14 Maret 2022 Universitas Darussalam Gontor memulai Ujian Akhir Semester (UAS) Genap tahun ajaran 1443/2022. UAS ini dibuka langsung oleh Bapak Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil., dan dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor dan segenap dosen serta mahasiswa UNIDA Gontor.

Seperti biasanya, Bapak Rektor menyampaikan pesan penting sebelum UAS dimulai. Secara singkat, ada 2 pesan penting yang disampaikan beliau: Pertama, beliau menekankan bahwa ujian ini (UTS dan UAS) adalah sarana untuk mengontrol agar kita tetap istiqomah dengan melakukan ujian atau tes. Harapannya, suatu saat nanti kita sudah terbiasa jika ada ujian-ujian kehidupan. Ini adalah salah satu proses pembelajaran.

Berkaitan dengan belajar di perguruan tinggi, beliau juga mengingatkan bahwa proses belajar di perguruan tinggi ini berbeda dengan di tingkat menengah. Di Perguruan tinggi, mahasiswa dituntut untuk membuat suatu tulisan yang mana di dalamnya berisi gagasan dan argumentasi, bukan sekedar hafalan. “Jangan sampai kalian menghapal sesuatu, tapi tidak paham apa yang dihapal”.

Selain itu, untuk kesekian kalinya Bapak Rektor menyampaikan bahwa mahasiswa itu jangan fanatik prodi. Artinya, mahasiswa memang harus menekuni bidangnya masing-masing sesuai prodinya. Tapi tidak cukup dengan itu. Mahasiswa harus memiliki pengetahuan lebih luas lagi, tidak terbatas di prodinya saja. Mahasiswa harus bisa mengaitkan antara satu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya. Dia di Prodi Pendidikan Bahasa Arab, tapi dia juga mampu berbicara syariat, dia memiliki pengetahuan kondisi politik luar negeri, dan lain sebagainya.

Kedua, Bapak Rektor menekankan satu hal yang sangat penting, yaitu, pentingnya akhlak mulia dibandingkan dengan sekedar IPK tinggi. “Tidak ada gunanya IPK Anda tinggi, tapi akhlak Anda rusak”. Artinya, sepintar apapun mahasiswa UNIDA Gontor, seaktif apapun dia, jika tidak dibarengi dengan akhlak yang mulia, maka kepintaran itu tidak ada artinya. Itulah interpretasi singkat dari motto Gontor berbudi tinggi sebelum berpengetahuan luas. Anda boleh berpengetahuan luas (pintar), tapi yang harus didahulukan adalah tingginya akhlak Anda.

[Au. Ahmad Kali Akbar]

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

1 thought on “Berikut 2 Pesan Penting Rektor UNIDA Gontor pada Pembukaan UAS Genap 1443/2022”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *