Menjadi Manusia Sesungguhnya Melalui PKM

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi mahasiswa Indonesia. Event tahunan ini diikuti oleh hampir seluruh perguruan tinggi dari berbagai daerah. Saat ini PKM dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI). PKM menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi, serta bakat yang dimiliki dengan mengkaji, meneliti dan berdiskusi sesuai bidang keilmuannya. Program ini menuntut mahasiswa untuk menghasilkan produk nyata yang menghasilkan manfaat untuk masyarakat.

Wakil Rektor III Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) Bidang Kerja Sama, Penelitian, Pengabdian dan Alumni, Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec. menyampaikan, “PKM ini untuk menghidupkan hakekat penciptaan kita sebagai manusia”. Salah satu tujuan penciptaan manusia ialah menjadi khalifah di muka Bumi. Allah Subhanahu wa Ta’aalaa telah menundukkan alam semesta agar manusia mampu memaksimalkan hakekat penciptaannya sebagai khalifah. Oleh karenanya, PKM menjadi sarana yang tepat bagi mahasiswa dalam mengeksplorasi keahliannya dan kepekaannya dalam mempelajari ciptaan Allah Ta’aalaa.

Oleh karena itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) kembali mengadakan acara Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Internal. Sosialisasi ini menghadirkan 4 pembicara. Mereka adalah Rd. Adityawarman, S.Sos. (Staf LPPM 2018-2021); Fahmi Akhyar Al-Farobi (Pemenang PKM Internal-KC); Nur Vauzin Azim Adista (Pemenang PKM Internal-K); dan Syaikhul Anam Alaydrus (Pemenang PKM Internal-GFK).

Lolos PKM Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2021

Ada 6 kelompok PKM dari UNIDA Gontor yang lolos pendanaan dari Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2021. Mereka terdiri dari bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Gagasan Futuristik Konstruktif, dengan judul “Bertari: Pelestarian Seni Tari Tradisional Interaktif dan Kolaboratif Berbasis Artificial Intellegence dan Virtual Reality dengan Memanfaatkan Sistem Motion Tracking” oleh Syaikhul Anam Al Idrus.
  2. Karsa Cipta, dengan judul “Inovasi Material Komposit dari Limbah Rumput dan Edible Film Tahan Air sebagai Bahan Baku Kemasan Makanan dan Minuman” diketuai oleh Muhammad Rihal Jinan
  3. Karsa Cipta, dengan judul “Papan Literasi Al-Quran dan Tafsir: Inovasi Media Permainan Edukatif yang Universal” diketuai oleh Alya Nur Tafrijiah
  4. Pengabdian Masyarakat, dengan judul “Integrated Waste System dengan Memanfaatkan Maggot Black Soldier Fly untuk Pengolahan Sampah Organik di Universias Darussalam Gontor Ponorogo” diketuai oleh Abdullah Syafiq Jauhary.
  5. Riset Eksakta, dengan judul “Uji Efektivitas Ekstrak Daun Kemangi (Ocimum Basilicium) sebagai Repellent terhadap Nyamuk Aedes sp.” diketuai oleh Lailatul Istiqomah Sinang Muslim.
  6. Artikel Ilmiah, dengan judul “Implementasi Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 57/DSN-MUI/2007 pada Akad Kafalah pada Pembiayaan Bank Garansi di Lembaga Keuangan Syariah” diketuai oleh Zildjian Aditya Muda.

[Muhamad Fikrul Umam]

Official

Official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *