LAZISWAF dan Cita-cita Beasiswa untuk Seluruh Mahasiswa

LAZISWAF (Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah, Dan Wakaf) adalah lembaga pengelola zakat, infaq, sedekah dan wakaf di lingkungan Universitas Darussalam Gontor dan Pondok Modern Darussalam Gontor. Wakil Rektor II, Dr. Setiawan bin Lahuri, Lc., M.A. yang juga selaku Dewan Pengawas LAZISWAF menyampaikan, tujuan utama didirikannya LAZISWAF adalah agar jangan sampai ada lagi santri ataupun mahasiswa yang putus studinya karena masalah finansial. Harapannya, LAZISWAF mampu membantu dan menjadi solusi semua permasalahan finansial yang ada pada santri dan mahasiswa. Selain itu, LAZISWAF juga diharapkan mampu membantu dosen maupun kader untuk melanjutkan studi.

Wakil Rektor III, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. yang juga menjabat sebagai Direktur LAZISWAF, beliau optimis LAZISWAF mampu menguatkan potensi zakat, infaq, sedekah dan wakaf yang ada di internal, yaitu UNIDA Gontor dan Pondok Gontor. Beliau menyampaikan, bahwa tahun ini donasi eksternal yang masuk ke LAZISWAF mengalami peningkatan. “Hal ini membuktikan, bahwa pondok dibantu karena maju, bukan maju karena dibantu.” Demikian pesan Ustadz Umam. Artinya, penguatan internal merupakan hal yang terpenting dan harus diutamakan. Dengan demikian, pondok mampu berdiri dengan kaki sendiri (berdikari) seperti dalam panca jiwa dan falsafah hidupnya. Hingga akhirnya, kemandirian tersebut menciptakan kemajuan dan melahirkan kepercayaan masyarakat, serta mendorong siapapun untuk turut berperan dan berkontribusi.

Begitupun dengan LAZISWAF. Lembaga ini terus berusaha menguatkan potensi internal yang ada. Tahun ini, LAZISWAF memperkuat kepengurusan di kampus-kampus cabang guna memaksimalkan sumber daya zakat, infaq, sedekah dan wakaf yang mampu diserap dan dikembangkan. Sehingga, kedepannya LAZISWAF mampu memberikan kontribusi lebih besar. Hingga mampu memberikan beasiswa penuh kepada seluruh mahasiswa dan santrinya, seperti halnya Universitas Al-Azhar Asy-Syarif di Kairo, Mesir. [M. Muhyil Daffa Fauzan/Ed: Muhamad Fikrul Umam]

Official

Official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *