Kuliah Umum Tahun Ajaran Baru 1443-1444 H, Universitas Darussalam Gontor: Menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam sistem pendidikan Perguruan Tinggi

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UNIDA Gontor resmi membuka tahun ajaran baru dengan melaksanakan acara Kuliah Umum (21/05/2022). Acara ini diisi oleh Narasumber, Dr. Aqdi Rofiq Asnawi, MA (Dosen Prodi Ilmu Qur’an & Tafsir, UNIDA Gontor). Acara ini dilaksanakan di Masjid Jami’ yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa UNIDA Gontor, Kampus Siman. Tentunya, acara ini sudah menjadi acara tahunan yang wajib dilaksanakan dan diikuti guna menyulut kembali semangat aktivitas belajar-mengajar di Universitas Darussalam Gontor.

Al-Qur’an Sebagai sumber peradaban Islam

“Islam tidak hanya sebuah agama, akan tetapi Islam juga merupakan sebuah peradaban” Ujar Dr. Aqdi. Jika islam hanya dipandang sebagai agama, maka islam hanya mengatur ibadah. Padahal, Islam sebagai peradaban juga mengatur yang lainnya, seperti ekonomi, etika berpolitik, muamalah, mengelola alam semesta, dan ruang kehidupan yang lebih luas lainnya. Dalam hal ini, Al-Qur’an dan Sunnah, menjadi sumber peradaban Islam. Kedua sumber tersebut menjadi asas yang mengatur seluruh kehidupan umat manusia, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Mengutip dari pernyataan Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A.Ed. M.Phil (Rektor UNIDA Gontor, bahwa “Peradaban Islam bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah, dalam sejarahnya dikembangkan oleh tradisi intelektual Islam, disebarluaskan oleh keperkasaan bala tentara, dan dipertahankan oleh kekuasaan politik. Dan Kemudian, peradaban ilmu menjadi panglima sepanjang sejarah peradaban Islam, sehingga menjadi rahmat bagi seluruh bangsa-bangsa di dunia yang masih dirasakan hingga saat ini”.

Setidaknya, terdapat fase-fase pembangunan Peradaban Islam, diantaranya:

  1. Turunnya wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yang berbentuk Al-Qur’an dan kemudian diperjelas oleh nabi melalui hadist-hadistnya.
  2. Munculnya kesadaran para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in dan para ulama terhadap struktur ilmu pengetahuan dalam Al-Qur’an dan Hadist.
  3. Lahirnya tradisi keilmuan islam dan munculnya komunitas ilmuan islam
  4. Lahirnya disiplin-disiplin ilmu pengetahuan dalam islam.

Tradisi Ilmu Pengetahuan di UNIDA Gontor.

Universitas Darussalam Gontor merupakan Perguruan Tinggi Pesantren, yang secara konsisten menghidupkan dan mengembangkan tradisi ilmu pengetahuan berdasarkan worldview islam. hal ini sebagaimana yang tertuang dalam visi pendidikan UNIDA Gontor, yaitu menjadi Universitas bersistem pesantren yang bermutu dan berarti, sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan yang berorientasi pada Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer dan sebagai pusat kajian bahasa al-Qur’an untuk kesejahteraan umat manusia. Tentunya visi ini digagas selain sebagai ciri pendidikan islam UNIDA Gontor, namun yang lebih penting adalah upaya untuk menjaga nilai-nilai ilmu pengetahuan kontemporer berdasarkan worldview islam melalui proses islamisasi. Dimana islamisasi di UNIDA Gontor, menjadikan Al-Qur’an sebagai basis epistimologi, dengan melakukan internalisasi Al-Qur’an dalam Jiwa civitas akademika, internasasi Al-Qur’an dalam kurikulum semua prodi, hingga dengan melakukan kajian Tafsir Sains Al-Qur’an.

“Akhir-akhir ini Peradaban Islam mulai redup, dan dikalahkan oleh Peradaban Barat”, Ujar Dr. Aqdi dihadapan para mahasiswa kuliah umum. Hal ini ditandai juga semakin menurunnya kualitas tradisi ilmu pengetahuan islam. sebaliknya, cara pandang barat semakin berjaya dan banyak diadopsi secara mentah-mentah oleh ilmuan muslim, yang mengakibatkan pada kesesatan berfikir. Untuk itu perlu adanya sebuah upaya islamisasi ilmu. Hal ini diupayakan untuk menciptakan kemurnian pada pandangan hidup islam dan tidak terpengaruh pada cara pandang barat yang sekuler. Salah satu upaya islamisasi ini, sebagaimana yang dilakukan oleh UNIDA Gontor dalam menjalankan sistem pendidikannya.

(Ragil Tri Sambodo)

Ragil Tri Sambodo

Ragil Tri Sambodo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *