MUI Kaltim

PONOROGO – Pada hari Senin, 6 Desember 2021, Program Kaderisasi Ulama (PKU) Angkatan ke-15 resmi ditutup. Acara penutupan ini dihadiri oleh beberapa tamu dari Kalimantan Timur (Kaltim). Yaitu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim, K.H. Muhammad Rasyid; Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Kaltim, Dr. H. Suriansyah, M.Pd.; dan, Badan Pengelolaan Dana Beasiswa Kaltim, Bapak Suwarno.

Acara ini diselenggarakan di Hall CIOS, Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Acara juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Darussalam (YPTD), Dr. Mulyono Jamal, M.A.; Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. K.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.Ed., M.Phil.; Direktur Program Kaderisasi Ulama (PKU), Dr. Khoirul Umam, M.Ec.; seluruh dosen pembimbing PKU, mentor dan staf PKU, serta seluruh peserta PKU Angkatan ke-15.

Dalam waktu sebulan terakhir, PKU Angkatan ke-15 ini telah mengadakan workshop sebanyak 102 kali. Dengan rincian 80 dalam negeri, 5 luar negeri dan 17 internal kampus UNIDA Gontor. Total capaian peserta workshop menyentuh angka lebih kurang 11.000 peserta. “Program ini harus menjadi awal dari tradisi keilmuan di masa mendatang,” ungkap Dr. Khoirul Umam, M.Ec. dalam sambutannya.

PKU MUI Kaltim

Sambutan-sambutan

“MUI Kaltim senantiasa memberikan beasiswa untuk mencetak kader ulama,” ungkap K.H. Muhammad Rasyid. Beliau menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian peserta PKU yang berasal dari Kaltim. Bahkan, beliau berharap agar peserta melanjutkan pendidikan hingga S-2 di UNIDA Gontor. Selain itu, beliau juga terkesan dengan tulisan, “ke Gontor apa yang kau cari?” dan konsep wakaf diri yang ada di Gontor.

Prof. Hamid menyampaikan pesan, agar tradisi seperti ini selalu dilestarikan hingga sampai ke masyarakat. Seperti menulis, membuat komunitas pergerakan, dan program-program dalam menghadapi masalah pemikiran. Kemudian, beliau juga menggarisbawahi, bahwa pengawalan dan pelaksanaan program ini dilakukan atas dasar ikhlas. Bukan karena hitung-hitungan apapun.

Acara berlangsung khidmat dan syahdu dengan sambutan pesan dan nasehat dari para asatidz. Serta, pesan dan kesan dari perwakilan peserta PKU Angkatan ke-15, yaitu R. Adityawarman. Terakhir, acara ini ditutup dengan penyerahan hadiah dan penghargaan kepada peserta. [Muhamad Fikrul Umam/Ed: M. Taufiq Affandi]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *