Mahasiswa UNIDA Gontor Menjadi Delegasi International Youth Leader di Saudi Arabia

Suatu kebanggaan bagi Universitas Darussalam Gontor, bahwa salah satu mahasiswanya yaitu Edo Kurniawan, terpilih untuk mengikuti program International Youth Leader Chapter Kingdom of Saudi Arabia ke-38. Ia mewakili Universitas Darussalam Gontor dalam program tersebut bersama 8 teman-teman lainnya yang terseleksi untuk mewakili kampusnya masing-masing, yaitu: Universitas Darussalam Gontor, Universitas Diponegoro, UIN Syarif Hidayatullah , STAI MS Jogjakarta, Universitas Islam Riau, UIN Sunan Kalijaga, dan Universitas Syiah Kuala.

Edo Kurniawan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab semester 2 ini memang cukup aktif di berbagai kegiatan. Baik di dalam kampus atau di luar kampus. Berbagai lomba kebahasaan dan tulis menulis artikel ilmiah selalu ia geluti. Tak heran, pada pekan lalu, pada acara UNIDA Gontor Choice Award, saat dirinya berada di Saudi Arabia, ia menjadi student of The Year Universitas Darussalam Gontor pada tahun ini.

Saat ditanya motivasi mengikuti program ini, ia menjawab:”Saya ingin mengeksplorasi kemampuan diri dan meningkatkan kapasitas keilmuan khususnya di bidang bahasa dan leadership. Saya juga ingin lebih mendalami sirah nabawiyah karena pada program ini ada kegiatan tour/ziarah ke tempat-tempat bersejarah bagi ummat Islam. Mengikuti program ini bukian untuk diri sendiri. Namun untuk kampus, juga teman-teman kuliah saya. Saya ingin memberikan motivasi untuk mereka bahwa kita harus memanfaatkan waktu muda. Karena waktu tidak akan terulang lagi””.

Program International Youth Leader merupakan agenda yang dilakukan 3 tahun sekali. Adapun program ini diadakan oleh CV. International Youth Leader yang telah bekerja sama dengan pemerintah setempat Arab Saudi dan mendapat dukungan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Acara ini berlangsung selama sembilan hari dari tanggal 3-12 Maret 2022 di Kota Jeddah, Madinah, dan Mekkah.

Adapun tujuan dari program International Youth Leader adalah program pertukaran, kepemimpinan, dan study tour. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memfasilitasi pembentukan karakter yang kuat terhadap Pemuda Indonesia melalui berbagai kegiatan seperti : Membangun karakter kepemimpinan, memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, membentuk pola pikir yang solutif, membekali kemampuan research dalam jaringan international dan lain sebagainya.

“International Youth Leader Program” Chapter Kerajaan Arab Saudi, program ini berfokus pada pemberdayaan pemuda dan penguatan potensi kepemimpinan dari setiap delegasi yang belajar baik di Indonesia maupun Arab Saudi. Dan juga ekspansi ke Asia seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, India, Turki, UEA (Uni Emirat Arab) Dubai, Abu Dhabi, Mesir dan Arab Saudi, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat (Amerika Serikat).

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama program bermacam-macam, di antaranya: presentasi tentang Islam dan Politik di Jazirah Arab di KJRI, ziarah ke Masjid Nabawi, Masjid Quba, visit ke beberapa universitas di Makkah dan Madinah seperti Ummul Qura’, dan tentu saja seluruh peserta mendapat kesempatan untuk umrah 2 kali, yaitu pada hari kedua dan ketiga.

Adapun hal yang paling menarik dan berkesan menurutnya adalah saat berkunjung ke baitullah tentunya. Bisa umrah, shalat langsung di depan Ka’bah, berdo’a di Raudhah dan lain-lain. Selain itu, kemampuan Bahasa Arabnya teruji saat mempresentasikan ide dan gagasannya di KJRI menggunakan Bahasa Arab. [Au. Edo Kurniawan., Ed. Ahmad Kali Akbar]

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

1 thought on “Mahasiswa UNIDA Gontor Menjadi Delegasi International Youth Leader di Saudi Arabia”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *