IAIN Pekalongan dan UNIDA Gontor Siap Selenggarakan Sit in Class for Overseas Students

IAIN FEBI

PONOROGO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan gandeng Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) selenggarakan agenda Sit in Class for Overseas Students (Batch 1). Agenda ini dimotori oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan bersama Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) UNIDA Gontor. Rencananya, agenda ini akan dilaksanakan pada tanggal 21-27 November 2021.

FEBI IAIN Pekalongan berkunjung ke UNIDA Gontor untuk membahas agenda ini pada hari Jum’at, 5 November 2021. Perwakilan IAIN Pekalongan terdiri dari: Dr. H. Tamamudin, M.M. (Wakil Dekan FEBI Bidang Akademik & Kelembagaan); Dr. AM. Hafidz MS. (Wakil Dekan FEBI Bidang Administrasi Umum, Keuangan & Perencanaan); dan, Drs. H. Ahmad Tubagussurur, M.A. (Wakil Dekan FEBI Bidang Kemahasiswaan & Kerja Sama).

Rombongan FEBI IAIN Pekalongan mendapat sambutan hangat dari UNIDA Gontor. Diantara jajaran yang hadir, ialah Al-Ustadz Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. (Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Perencanaan Pembangunan); Al-Ustadz Adib Susilo, M.S.I. (Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Manajemen); Al-Ustadz Mufti Afif, Lc., M.A. (Ka Prodi Ekonomi Islam); Al-Ustadz Soritua Ahmad Ramdani Harahap, M.H. (Sekretaris Prodi Manajemen); Al-Ustadz Azhar Amir Zaen, M.Ed. (Biro Kerjasama, Alumni dan Urusan Internasional).

FEBI IAIN Pekalongan mengundang 8 orang mahasiswa luar negeri UNIDA Gontor untuk mengikuti agenda ini, khususnya dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Hal tersebut mendapat tanggapan positif dari Ustadz Setiawan. Bahkan, beliau menyarankan agar mahasiswa luar negeri dari luar FEM juga bisa mengikuti acara ini.

IAIN FEBI

Rancangan Agenda

Multicultural Focus Group Discussion, merupakan kegiatan berupa diskusi tentang kultur dari masing-masing negaranya. Tujuan diskusi adalah untuk saling mengenal budaya positif dari setiap negara peserta.

Economics Subject Sit in Class, peserta mengikuti perkuliahan untuk mata kuliah yang terkait dengan Ilmu Ekonomi Islam di FEBI IAIN Pekalongan

Mimbar Akademik, Media ekspresi kemampuan akademik peserta dan mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan. Peserta dan mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan saling mempresentasikan paper atau karya ilmiah mereka masingmasing.

LOCAL PRODUCT (Batik Pekalongan dan City tour). Peserta mengunjungi beberapa lokasi yang berhubungan dengan batik, diantaranya Workshop Batik, Museum Batik, dan Grosir Batik. Selain itu, peserta juga mengunjungi beberapa obyek wisata di Pekalongan, seperti Gerbang Nusantara, Pantai Sigandhu, Pelabuhan Pelelangan Ikan, dan Wisata Bahari.

Seminar Moderasi Islam/Beragama, mahasiswa mengikuti seminar tentang moderasi Islam dan kerukunan ummat beragama. Seminar ini menghadirkan 3 pemuka agama yang berbeda.

Live in Islamic Boarding/Village, peserta mengikuti kegiatan-kegiatan kajian di pesantren dan atau kegiatan sosial-keagamaan di desa.

LOCAL PRODUCT (Produksi Kopi Tombo dan Tour Curug Genting), mahasiswa mengunjungi produksi kopi di dataran tinggi Kab. Batang. Mengunjungi kebun kopi, pengolahan kopi, sekaligus menikmati kopi di lokasi produksi. Kemudian, kegiatan dilanjutkan ke Wahana Wisata Curug/Air Terjun Genting di dataran tinggi Kab. Batang. [M. Abadi Firdaus/Ed. Muhamad Fikrul Umam]

Muhamad Fikrul Umam

Muhamad Fikrul Umam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *