Festival Dunia Arab dan Webinar Internasional Meriahkan Hari Bahasa Arab Sedunia di UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia yang bertepatan dengan 18 Desember, Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor menggelar acara besar Festival Dunia Arab (5-21 Desember 2021/1-17 Jumadal Ula 1443)).

Festival Dunia Arab (FDA) adalah acara rutin dua tahunan Prodi Pendidikan Bahasa Arab. FDA Tahun ini adalah kali ketiganya diselenggarakan oleh prodi dan sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya diadakan secara offline, tahun ini diselenggarakan secara online. Selain itu, FDA tahun ini dimeriahkan juga oleh adanya Webinar Internasional.

FDA ini dibuka dengan adanya perlombaan Bahasa Arab yang diperuntukkan tingkat kampus dan umum. Ada beberapa perlombaan Bahasa Arab yang dilombakan: debat Bahasa Arab, ghina’ ‘araby, pidato Bahasa Arab, media pembelajaran, short movie dan baca kitab kuning.

Suasana Lomba pada Festival Dunia Arab di UNIDA Gontor

Pengumpulan hasil karya yang dilombakan pada Festival Dunia Arab dimulai dari tanggal 5-hingga 18 Desember 2021. Setelah itu karya lomba dinilai oleh juri selama 2 hari. Sedangkan lomba debat Bahasa Arab dan baca kitab kuning diadakan secara live via zoom pada tanggal 19-20 Desember 2021.

Puncak Festival Dunia Arab ini ditutup oleh acara Seminar Internasional Virtual dengan tema: Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Era 5.0. Dalam seminar ini, Prodi PBA mendatangkan pemateri dari 4 negara: Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Qatar. Mereka adalah: Dr. Agus Yasin, M.Pd. utusan dari Universitas Darussalam Gontor Indonesia, Dr. Abdurrahman Ibrahim Sulaiman Ashlih utusan dari USIM Malaysia, Dr. Achmad Yani, utusan dari UNISSA Brunei Darussalam, dan Dr. Eiman Abu Shihab utusan dari Universitas Qatar.

Dalam moment spesial ini, turut hadir Dekan Fakultas Tarbiyah, al-Ustadz Dr. Agus Budiman, M.Pd. yang memberikan sambutan hangat di awal seminar. Beliau menekankan bahwa seorang Muslim harus memiliki rasa membutuhkan terhadap Bahasa Arab. Mengapa demikian? Karena Bahasa Arab bukan hanya dijadikan sebagai bahasa komunikasi, namun lebih mulia dari itu, Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam.

Seminar internasional ini juga menjadi sangat istimewa dengan hadirnya Wakil Rektor UNIDA Gontor, al-Ustadz Dr. Abdul Hafidz bin Zaid, M.A. Pada kesempatan ini beliau berkenan menjadi Keynote Speaker. Dalam pemaparannya, beliau berpendapat bahwa saat ini sudah hadir di tengah-tengah kita Corpus Bahasa Arab namun sangat sedikit yang menggunakan kecanggihan tekonologi ini dalam pembelajaran Bahasa Arab. Hadir pula Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab serta seluruh mahasiswa Prodi PBA Kapus Pusat.

Setelah keynote speaker, acara langsung berlanjut ke pemaparan para pemateri yang diawali oleh Dr. Agus Yasin dari UNIDA Gontor, lalu Dr. Abdurrahman Ibrahim Sulaiman dari USIM, Dr. Achmad Yani dari UNISSA Brunei Darussalam, dan diakhiri oleh Dr. Eiman Abu Shihab dari Universitas Qatar. Tidak lupa, di akhir setiap pemateri, UNIDA Gontor memberikan penghargaan berupa sertifikat secara online kepada setiap pemateri. Alhamdulillah, webinar yang dimoderatori oleh Ka.Prodi PBA al-Ustadz Muhammad Wahyudi ini berjalan dengan lancar hingga akhir acara. Di akhir acara, sang moderator membacakan pemenang lomba-lomba pada acara Festival Dunia Arab tahun ini. (klik di sini untuk melihat pemenang lomba). [Au. Ahmad Kali Akbar, Ed. Muhammad Wahyudi, M.Pd.]

Ahmad Kali Akbar

Ahmad Kali Akbar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *