Dr. Umam: Ciptakan Budaya Memberi, Solusi Ekonomi Indonesia

1 September 2021 – Wakil Rektor III Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec. menjadi pemateri pada acara Webinar Nasional yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Hidayatullah, Balikpapan. Dalam webinar ini, Dr. Umam membawakan materi “Ekonomi Islam sebagai Solusi Ekonomi Indonesia.” Acara ini merupakan rentetan acara Muktamar XVI Dewan Eksekutif Mahasiswa STIS Hidayatullah, Balikpapan yang mengusung tema “Meneguhkan Karya Nyata, Mendorong Generasi Bertalenta”.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Ustadz Hamzah Akbar, S.Sos.; Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Hidayatullah Balikpapan, Ustadz Muhammad Zaim Akbar, Lc., M.H.; dan, Ustadz Muh. Kaamilul Khuluk, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Hidayatullah. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh seluruh Mahasiswa/i STIS Hidayatullah yang terdiri dari dua prodi, yaitu Prodi Hukum Keluarga dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

Akhir-akhir ini, trend Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah sedang meningkat. Dahulu, Ekonomi Islam dilihat dari kacamata yang sempit. Lingkup bahasannya hanya berkutat pada masalah perbankan dan keuangan. Kemudian, Mohammad Hatta mendirikan Koperasi Indonesia yang kental dengan nilai-nilai Islam. Koperasi merupakan serapan dari kata cooperation/kerjasama, dimana dalam Bahasa Arab artinya musyarokah. Musyarokah merupakan salah satu prinsip dalam Ekonomi Islam.

Dr. Umam menjelaskan pentingnya membangun budaya memberi untuk membangun perekonomian Indonesia. Apabila masyarakat memiliki orientasi memberi, akan timbul budaya berlomba-lomba untuk memberi. Budaya ini merupakan bagian dari ajaran Islam. Seperti dalam sirah nabawiyyah banyak dibahas kisah para sahabat yang fastabiqul khairat memberikan apa yang mereka miliki untuk kepentingan ummat. [Muhamad Fikrul Umam]

Official

Official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *